CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Oleh SUJONO SANTOSO, S.Pd
CONTOH
Oleh SUJONO SANTOSO, S.Pd
Sebagai
tindak lanjut dari permen PAN dan RB NO 16 tahun 2009 tentang jabatan
fungsional guru , maka guru wajib melaksanakan penelitian tindakan kelas atau publikasi
ilmiah bagi guru yang akan naik pangkat dari golongan III/b ke III/c yang
dipersyaratkan paling sedikit 4 sub unsur publikasi ilmiah atau karya inofatif
dan paling sedikit 3 ( tiga ) dari sub unsur pengembangan diri maka,Salah satu wujud nyata dari terlaksananya
pemberdayaan KKG Gugus Binaan Pengawas Rusmawardi, S.Pd,MM .Membentuk kelompok kerja dalam membuat Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Dan ini adalah salah satu contoh hasil KKG Gugus yang telah menghasilkan
suatu produk berupa proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Mata Pelajaran
Matematika kelas VI. Proposal PTK ini kami share agar dapat dilihat,diteliti
dan dianalisa kekurangannya sehingga akan semakin sempurna dan memenuhi
kriteria ideal. Semoga bermanfaat. !!
CONTOH
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KOORDINAT
MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA LANTAI RUANG KELAS
PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PEMAKUAN
KECAMATAN SUNGAI TABUK KAB. BANJAR
TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Disusun Oleh :
Nama : Uswatun Hasanah,S.Pd
NIP : 19840519 200501 2 005
Guru kelas : VI ( Enam )
Tempat Tugas : SD Negeri Pemakuan ( Gugus Binaan Pengawas Rusmawardi, S.Pd )
KKG
BAB I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG MASALAH
1. Pada tes
sub sumatif mata pelajaran Matematika materi koordinat belum semua siswa kelas
VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk mencapai ketuntasan belajar. Masih
ada 8 siswa (40%) perolehan nilai hasil belajarnya di bawah KKM( Kriteria Ketuntasan Minimal).
2. Pengenalan
Konsep koordinat dari guru belum mengena kepada siswa.
3. Penggunaan
alat peraga yang belum optimal/monoton
dan kurang melibatkan siswa. Alat peraga yang digunakan adalah garis bilangan
dengan sumbu x dan sumbu y.
Harapan
penulis setelah melakukan Penelitian Tindakan Kelas adalah adanya peningkatan
prestasi/nilai hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan
Kecamatan Sungai Tabuk. Yang kedua adanya peningkatan motivasi dan gairah/minat
belajar siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk.
Berangkat dari hal tersebut penulis merasa perlu sekali
untuk dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yaitu menggunakan media lantai ruang
kelas untuk meningkatkan prestasi/nilai hasil belajar Matematika materi
koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk tahun
pelajaran 2012/2013.
B.
IDENTIFIKASI
MASALAH
• Mengapa prestasi hasil belajar Matematika materi
koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Tahun
Pelajaran 2012/2013 rendah?
• Bagaimana cara meningkatkan prestasi hasil belajar
Matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan ?
• Apakah penggunaan alat
peraga lantai ruang kelas dapat meningkatkan hasil belajar Matematika
materi koordinat pada siswa kelas VI SD
Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2012/2013?
• Seberapa besar media
lantai ruang kelas dapat meningkatkan
prestasi hasil belajar matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri
Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2012/2013
C.
PEMBATASAN MASALAH
• Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini masalah dibatasi
pada penggunaan media lantai ruang kelas (Variabel X) dan peningkatan prestasi
hasil belajar matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk
Tahun Pelajaran 2012/2013 (Variabel Y).
• Adapun siswa yang akan diteliti adalah siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2012/2013.
D. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang ,
identifikasi dan pembatasan masalah tersebut di atas maka dapat diajukan
rumusan masalah sebagai berikut :
Apakah melalui penggunaan media media
lantai ruang kelas dapat meningkatkan
prestasi hasil belajar matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri
Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2012/2013?
E. TUJUAN PENELITIAN
1. Tujuan Umum
Meningkatkan ketuntasan belajar siswa
2. Tujuan Khusus
•
Meningkatkan hasil belajar
•
Memusatkan perhatian
•
Meningkatkan gairah belajar
•
Mengurangi kesenjangan
F. MANFAAT PENELITIAN
1. Manfaat
Teoritis :
Mendapatkan
pengetahuan atau teori baru tentang bagaimana meningkatkan prestasi belajar
Matematika siswa.
1.
Bagi Siswa :
Menerima
konsep sistem koordinat secara benar.
2.
Bagi Guru :
• Meningkatkan kreatifitas
guru dalam menemukan strategi pembelajaran yang
tepat.
• Memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir
3.
Bagi Sekolah/Instansi Pendidikan :
• Hasil Penelitian ini dapat
dimanfaatkan sebagai referensi.
BAB
II
KAJIAN TEORI
KAJIAN TEORI
A.
Landasan Teori
1.
Pengertian Belajar
• Belajar yaitu berusaha (berlatih dsb) supaya
mendapat suatu kepandaian (KBBI).
• Perubahan tingkah laku yang relatif tetap dan terjadi sebagai hasil latihan atau
pengalaman (Morgan ).
• Aktivitas yang menghasilkan perubahan pada diri
individu yang belajar (Sudwihantopo).
• Belajar adalah usaha dari seseorang dengan atau tanpa bantuan orang lain untuk
memperoleh perubahan pada dirinya.
2. Hasil Belajar
Hasil Belajar terdiri dari :
• Ketrampilan intelektual,
• Strategi kognitif
• Informasi verbal
• Ketrampilan motorik
• Sikap (
Gagne : 1985 )
3.
Alat Peraga
Membantu memperjelas penyampaian
materi pelajaran.
Fungsi media :
• Kemampuan Fiksatif
Menangkap, menyimpan dan menampilkan kembali
• Kemampuan Manipulatif
Menampilkan kembali obyek atau kejadian
dengan berbagai macam cara
• Kemampuan Distributif
Menjangkau pengamat yang sangat banyak.
4. Kompetensi
Dasar Sistem Koordinat.
Sehimpunan bilangan yang menyatakan
letak suatu titik
B. Kerangka Berpikir
1. Kondisi
awal belum menggunakan alat peraga ------ hasil belajar rendah
2. Tindakan
pada Siklus Pembelajaran
menggunakan alat peraga ------
hasil belajar meningkat.
3. Kondisi
Akhir -- diduga pemanfaatan lantai
ruang kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa
C. Perumusan
Hipotesis Tindakan
Pemanfaatan alat peraga lantai ruang kelas
akan dapat meningkatkan hasil belajar
matematika Materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan
Sungai Tabuk Kab. Banjar Tahun Pelajaran 2012/2013.
BAB III
METODOLOGI
PENELITIAN
A.
Setting
Penelitian
- Tempat Penelitian
Penelitian
ini dilakukan diruang kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk
Kabupaten Banjar dengan ukuran 7 m x 7 m
berlantai keramik putih ukuran 30 cm x
30 cm.
2.
Waktu Penelitian
Bulan
Pebruari sampai April 2013. Pelaksanaan penelitian terintergrasi dengan proses
Kegiatan Pembelajaran yang sudah terjadwal di dalam kalender pendidikan.
B.
Subyek Penelitian
Siswa kelas VI SD Negeri
Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar sejumlah 22 siswa. Terdiri dari 12 siswa
laki-laki dan 10 siswa perempuan dengan latar belakang sosial ekonomi dan
budaya serta usia yang relatif sama.
.
C.
Data dan Sumber Data
Data penelitian yang
dipergunakan berupa hasil tes sub sumatif , hasil tes dalam proses pembelajaran
(nilai tes perbuatan atau unjuk kerja) dalam praktik penggunaan media lantai
ruang kelas serta data tentang kemampuan guru dalam menyususn Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran di kelas.
D.
Teknik dan
Alat Pengumpulan Data
• Teknik Tes
Tes sub sumatif : tes tertulis dan tes perbuatan/unjuk kerja
• Teknik Non tes
Lembar
pengamatan (observasi)
NO
|
NA M
A
S I S W A |
Kedisiplinan
|
Minat
|
Kinerja
|
Solidaritas
|
JUMLAH
SKOR
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||||||||||||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
.
.
|
|
E.
Validitas Data
* Menganalisis butir tes yang digunakan
* Lembar Observasi
* Diskusi dengan observer
F.
Analisa Data
Membandingkan nilai siswa antar siklus
(deskriptif komparatif)
G.
Indikator Kinerja
1. Adanya peningkatan
prestasi /hasil belajar Matematika materi koordinat yang cukup signifikan.
Siswa yang
mendapat nilai tuntas di atas KKM meningkat dari 12 siswa menjadi 20 siswa
(90,9%). Rata-rata prestasi nilai hasil belajar Matematika materi koordinat
siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan tahun
pelajaran 2012/2013 meningkat dari 70,00 menjadi 78,00 (naik 8,0).
2. Adanya peningkatan nilai
sikap (kedisiplinan, minat, kinerja dan solidaritas) siswa yang cukup signifikan dari rata-rata 70,00 menjadi
90,00.
H.
Prosedur Penelitian
1. Perencanaan Tindakan ; yaitu
penyusunan rencana tindakan (skenario
pembelajaran/KBM).
- Guru member informasi singkat
mengenai koordinat.
- Guru dan seorang
siswa mendemonstrasikan menentukan suatu titik koordinat (x,y) dengan cara melangkahkan kaki di atas
lantai/ubin keramik yang sudah diberi garis bilangan dengan sumbu x dan sumbu
y.
- Siswa membentuk
kelompok beranggotakan 2 atau 3 orang dan mencoba mendemonstrasikan
menentukan letak titik koordinat seperti yang diperlihatkan guru.
-
Evaluasi.
-
Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dilakukan.
-
Refleksi dan tindak lanjut.
2.Pelaksanaan tindakan
;diwujudkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) dengan jumlah
pertemuan 2 kali pertemuan ( 2 siklus).
3. Observasi tindakan ; data-data yang
dikumpulkan berupa nilai hasil belajar tes sub sumatif dan Lembar observasi.
4. Analisis dan Refleksi; berupa
deskripsi teknik analisis yang dipergunakan dan bahan serta prosedur refleksi.
I.
Jadwal Penelitian
NO
|
WAKTU
KEGIATAN
|
BULAN
|
|||||||||
Pebruari 2013
|
Maret 2013
|
||||||||||
Minggu ke
|
Minggu ke
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
2
3
4
5
6
|
Persiapan
a.
Penyusunan
Proposal
b.
Penyusunan
Perencanaan Pelaksanaan
c.
Perijinan
Pelaksanaan
a.
Siklus I
b.
Siklus II
Penyusunan Draft Laporan
Seminar
Revisi
Penggunaan Laporan
|
v
|
v
|
v
v
|
v
|
v
|
v
|
v
v
|
v
|
v
v
|
v
|
DAFTAR PUSTAKA
Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka. bersamasukarto.blogspot.com/2010/02/dasar-dasar-penulisan-karya-
tulis0-html.
Diakses
tanggal 8 Pebruari 2013
Munandar, S.C. Utami, 1992. Mengembangkan
Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sadiman,Arief,
1990.Media
Pendidikan,pengertian,pemahaman dan pemanfaatan.Jakarta. Rajawali
Saminanto,2010.
Ayo Praktik Membuat PTK.Semarang;Ababil
Subyantoro,2009.Penelitian Tindakan Kelas.Semarang;
Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang
Suharsimi,
Arikunto,Suharjono dan Supardi,2007. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta;Bumi Aksara
Wihardid,Kusmaya,2006.Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta;Universitas
Terbuka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar