SELAMAT DATANG

JIKA BLOG INI MEMUASKAN BERITAHUKAN PADA ORANG BANYAK, TAPI JIKA BLOG INI MENGECEWAKAN BERITAHUKAN PADA KAMI ( SUJONO SANTOSO, S.Pd )

Rabu, 27 Januari 2016

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS 

Oleh SUJONO SANTOSO, S.Pd



Sebagai tindak lanjut dari permen PAN dan RB NO 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru , maka guru wajib melaksanakan  penelitian tindakan kelas atau publikasi ilmiah bagi guru yang akan naik pangkat dari golongan III/b ke III/c yang dipersyaratkan paling sedikit 4 sub unsur publikasi ilmiah atau karya inofatif dan paling sedikit 3 ( tiga ) dari sub unsur pengembangan diri  maka,Salah satu wujud nyata dari terlaksananya pemberdayaan KKG Gugus Binaan Pengawas Rusmawardi, S.Pd,MM .Membentuk kelompok kerja dalam membuat Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Dan ini  adalah salah satu contoh hasil KKG Gugus yang telah menghasilkan suatu produk berupa proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Mata Pelajaran Matematika kelas VI. Proposal PTK ini kami share agar dapat dilihat,diteliti dan dianalisa kekurangannya sehingga akan semakin sempurna dan memenuhi kriteria ideal. Semoga bermanfaat. !!


CONTOH
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KOORDINAT
MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA LANTAI RUANG KELAS
PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PEMAKUAN
KECAMATAN SUNGAI TABUK KAB. BANJAR
 TAHUN PELAJARAN 2012/2013


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNSqjeG5mjUg9zTBl1AvBQH9Gh2TyUB3u4zRESiRMwK1k-9xsMIkvAcMp9fSl6l7A4jrwtFkk0s2S579ldsnMq4RdO2wQk4gZJmCSSsqNHvZz_67gxFCZUP4W3jTF8sjf4I4hrVTSPL5g/s1600/Tutwuri+Warna.jpg

Disusun Oleh :

Nama                           :  Uswatun Hasanah,S.Pd
NIP                              :  19840519 200501 2 005
Guru kelas                   :   VI ( Enam )
Tempat Tugas              :  SD Negeri Pemakuan ( Gugus Binaan Pengawas Rusmawardi, S.Pd )
KKG                                                              



BAB I
PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG MASALAH
1.      Pada tes sub sumatif mata pelajaran Matematika materi koordinat belum semua siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk mencapai ketuntasan belajar. Masih ada 8 siswa (40%) perolehan nilai hasil belajarnya  di bawah KKM( Kriteria Ketuntasan Minimal).
2.      Pengenalan Konsep koordinat dari guru belum mengena kepada siswa.
3.      Penggunaan alat peraga yang  belum optimal/monoton dan kurang melibatkan siswa. Alat peraga yang digunakan adalah garis bilangan dengan sumbu x dan sumbu y.
Harapan penulis setelah melakukan Penelitian Tindakan Kelas adalah adanya peningkatan prestasi/nilai hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk. Yang kedua adanya peningkatan motivasi dan gairah/minat belajar siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk.
            Berangkat dari hal tersebut penulis merasa perlu sekali untuk dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yaitu menggunakan media lantai ruang kelas untuk meningkatkan prestasi/nilai hasil belajar Matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk tahun pelajaran 2012/2013.

          B.     IDENTIFIKASI MASALAH
    Mengapa prestasi hasil belajar Matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2012/2013 rendah?
    Bagaimana cara meningkatkan prestasi hasil belajar Matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan ? 
    Apakah penggunaan alat peraga lantai ruang kelas dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi  koordinat pada siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2012/2013?
    Seberapa besar media lantai  ruang kelas dapat meningkatkan prestasi hasil belajar matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2012/2013
     


   C.    PEMBATASAN MASALAH

    Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini masalah dibatasi pada penggunaan media lantai ruang kelas (Variabel X) dan peningkatan prestasi hasil belajar matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2012/2013 (Variabel Y).
    Adapun siswa yang akan diteliti adalah siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan  Kecamatan Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2012/2013.

      D.    PERUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang , identifikasi dan pembatasan masalah tersebut di atas maka dapat diajukan rumusan masalah sebagai berikut :
Apakah melalui penggunaan media  media lantai  ruang kelas dapat meningkatkan prestasi hasil belajar matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2012/2013?


      E.     TUJUAN PENELITIAN
1.      Tujuan Umum
      Meningkatkan ketuntasan belajar  siswa
2.   Tujuan Khusus
      Meningkatkan hasil belajar
      Memusatkan perhatian
      Meningkatkan gairah belajar
      Mengurangi kesenjangan

     F.     MANFAAT PENELITIAN
1. Manfaat Teoritis :
    Mendapatkan pengetahuan atau teori baru tentang bagaimana meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa.
1.       Bagi Siswa :
                   Menerima konsep sistem  koordinat secara  benar.
            2.   Bagi Guru :
    Meningkatkan kreatifitas guru dalam menemukan strategi pembelajaran yang  tepat.
    Memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir
            3.   Bagi Sekolah/Instansi Pendidikan :
    Hasil Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi.


BAB  II
KAJIAN TEORI

     A. Landasan  Teori
         1.  Pengertian Belajar
  Belajar yaitu berusaha (berlatih dsb) supaya mendapat suatu kepandaian (KBBI).
  Perubahan tingkah laku yang relatif  tetap dan terjadi sebagai hasil latihan atau pengalaman  (Morgan ).
  Aktivitas yang menghasilkan perubahan pada diri individu yang belajar (Sudwihantopo).
  Belajar adalah usaha dari seseorang dengan atau tanpa bantuan orang lain untuk memperoleh perubahan pada dirinya.
         2. Hasil Belajar
             Hasil Belajar terdiri dari :
  Ketrampilan intelektual,
  Strategi kognitif
  Informasi verbal
  Ketrampilan motorik
  Sikap  ( Gagne : 1985 )
        3.  Alat Peraga
             Membantu memperjelas penyampaian materi  pelajaran. 
             Fungsi media  :
    Kemampuan Fiksatif
    Menangkap, menyimpan dan menampilkan kembali
    Kemampuan Manipulatif
    Menampilkan kembali obyek atau kejadian dengan berbagai macam cara
    Kemampuan Distributif
    Menjangkau pengamat yang sangat banyak.

4.   Kompetensi Dasar Sistem Koordinat.
           Sehimpunan bilangan yang menyatakan letak suatu titik


   B. Kerangka Berpikir

1.   Kondisi awal belum menggunakan alat peraga ------ hasil belajar  rendah
2.   Tindakan pada Siklus Pembelajaran  menggunakan  alat peraga ------ hasil belajar  meningkat.
3.   Kondisi Akhir -- diduga pemanfaatan  lantai ruang  kelas dapat meningkatkan  hasil belajar siswa


  C. Perumusan Hipotesis Tindakan
         Pemanfaatan alat peraga lantai ruang kelas akan dapat meningkatkan hasil belajar        matematika Materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Kab. Banjar Tahun Pelajaran 2012/2013.


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
                                                                       
A.     Setting Penelitian
  1. Tempat Penelitian
Penelitian ini dilakukan diruang kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar dengan ukuran 7 m  x 7 m berlantai keramik putih ukuran 30 cm  x 30 cm.
       2.  Waktu Penelitian
Bulan Pebruari sampai April 2013. Pelaksanaan penelitian terintergrasi dengan proses Kegiatan Pembelajaran yang sudah terjadwal di dalam kalender pendidikan.


  B.   Subyek Penelitian
         Siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar   sejumlah 22 siswa. Terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan dengan latar belakang sosial ekonomi dan budaya serta usia yang relatif sama.

.
  C.   Data dan Sumber Data
         Data penelitian yang dipergunakan berupa hasil tes sub sumatif , hasil tes dalam proses pembelajaran (nilai tes perbuatan atau unjuk kerja) dalam praktik penggunaan media lantai ruang kelas serta data tentang kemampuan guru dalam menyususn Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran di kelas.


D.       Teknik dan Alat Pengumpulan Data
  Teknik Tes
Tes sub sumatif  : tes tertulis dan tes perbuatan/unjuk kerja
  Teknik Non tes
Lembar pengamatan (observasi)


NO
NA M A  
 S I S W A
Kedisiplinan
Minat
Kinerja
Solidaritas
JUMLAH
SKOR
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
.
.
 Abdul Wahid 
 Afriani 
 Ahmad Khalil  Bisri 
 Ana Lailani 
 Anisa 
 Dinda Rizky 
 Emelia Putri 
 Fitra Wardana 
 Fitria 
 Hadinah 
 M. Helmi 
Dst         














  E.   Validitas Data
        * Menganalisis butir tes yang digunakan
        * Lembar Observasi
        * Diskusi dengan observer

F.        Analisa  Data
         Membandingkan nilai siswa antar siklus (deskriptif komparatif)

  G.   Indikator Kinerja
         1. Adanya peningkatan prestasi /hasil belajar Matematika materi koordinat yang cukup signifikan.
Siswa yang mendapat nilai tuntas di atas KKM meningkat dari 12 siswa menjadi 20 siswa (90,9%). Rata-rata prestasi nilai hasil belajar Matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Pemakuan  tahun pelajaran 2012/2013 meningkat dari 70,00 menjadi 78,00 (naik 8,0).
2.   Adanya peningkatan nilai sikap (kedisiplinan, minat, kinerja dan solidaritas) siswa yang cukup   signifikan dari rata-rata 70,00 menjadi 90,00.
 H.   Prosedur Penelitian
        1. Perencanaan Tindakan ; yaitu penyusunan rencana tindakan (skenario  pembelajaran/KBM).
            - Guru member informasi singkat mengenai koordinat.
            - Guru dan seorang siswa mendemonstrasikan menentukan suatu titik koordinat  (x,y) dengan cara melangkahkan kaki di atas lantai/ubin keramik yang sudah diberi garis bilangan dengan sumbu x dan sumbu y.
             - Siswa  membentuk  kelompok  beranggotakan  2 atau 3 orang dan mencoba mendemonstrasikan menentukan letak titik koordinat seperti yang diperlihatkan guru.
            -  Evaluasi.
            -  Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dilakukan.
            -  Refleksi dan tindak lanjut.                
        2.Pelaksanaan tindakan ;diwujudkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) dengan jumlah pertemuan 2 kali pertemuan ( 2 siklus).
        3. Observasi tindakan ; data-data yang dikumpulkan berupa nilai hasil belajar tes sub sumatif   dan Lembar observasi.
        4. Analisis dan Refleksi; berupa deskripsi teknik analisis yang dipergunakan dan bahan serta prosedur refleksi.

 I.   Jadwal Penelitian

NO
                                        WAKTU                                                       
                  KEGIATAN
BULAN
Pebruari 2013
Maret 2013
Minggu ke
Minggu ke
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1




2



3

4

5

6
  Persiapan
a.       Penyusunan Proposal
b.      Penyusunan Perencanaan Pelaksanaan
c.       Perijinan

Pelaksanaan
a.       Siklus I
b.      Siklus II

Penyusunan Draft Laporan

Seminar

Revisi

Penggunaan Laporan

v

v


v
v






v






v







v







v

v











v














v

v















v



DAFTAR PUSTAKA


Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. bersamasukarto.blogspot.com/2010/02/dasar-dasar-penulisan-karya- tulis0-html.
Diakses tanggal 8  Pebruari 2013


Munandar, S.C. Utami, 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta:  PT Gramedia   Widiasarana Indonesia.
Sadiman,Arief, 1990.Media Pendidikan,pengertian,pemahaman dan pemanfaatan.Jakarta. Rajawali

Saminanto,2010. Ayo Praktik Membuat PTK.Semarang;Ababil

Subyantoro,2009.Penelitian Tindakan Kelas.Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang

Suharsimi, Arikunto,Suharjono dan Supardi,2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta;Bumi Aksara

Wihardid,Kusmaya,2006.Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta;Universitas Terbuka

Tidak ada komentar: