Rapat dalam perencanaan dan penggunaan dana BOS sebaiknya dilakukan oleh kepala sekolah dan dewan guru, bahkan sebisa mungkin harus menghadirkan komite sekolah sebagai penguat keabsahan dalam tim agar tidak menyalahi prosedur, dan juga untuk menghindari salah persepsi dan anggapan yang negatif dari semua pihak. Hal ini dilakukan karena bagaimanapun juga kepala sekolah adalah yang bertanggung jawab terhadap semua rancangan dan ketentuan penggunaan dana BOS, kesalahan dalam merancang, kesalahan dalam menentukan belanja barang, jasa, dan modal akan berdampak pada RAKS dan LPJ BOS yang bersangkutan, hal ini bukan tidak mungkin justru akan menjadi temuan bagi auditor BOS ketika mengadakan visitasi dan monitoring penggunaan dana BOS, dan itu yang harus kita hindari, oleh karen itu utamakan baca buku panduan BOS yang telah diterbitkan oleh Pemerintah, taatilah, dan laksanakan prosedur penggunaanya, hindari penggunaan dana BOS untuk keperluan yang tidak jelas, berikan kesempatan kepada guru-guru dan komite untuk memberikan masukan dan pendapat dalam menetapkan rancangan penggunaan dana BOS, Untuk itu marilah kita mulai sejak awal , sebelum terlambat ,bahwa rapat penggunaan dana BOS alangkah baiknya mengikuti prosedur, yakni rapat dengan dewan guru dan menghadirkan ketua komite sekolah. Selamat bekerja !!
SELAMAT DATANG
Kamis, 08 September 2011
TIPS CARA MEMBACA
![]() |
KEJARLAH ILMU SAMPAI KE NEGERI PANDA |
![]() | |
SELAMAT MEMBACA !! |
![]() | ||
MEMBACA ADALAH PINTU GERBANG | KESUKSESAN |
Anda Seorang kepala sekolah atau guru ? baca ini ....!!
Suka
membaca?
Agar apa yang Anda baca tak
" LUPA " begitu saja, ada strateginya! Dengan menerapkan sejumlah panduan
dalam membaca, Anda akan mendapatkan sesuatu dari buku yang dibaca. Panduan
berikut ini bisa membuat cara membaca Anda lebih efektif!
1.
Scanning
Scanning atau membaca sepintas lalu, bertujuan untuk mendapatkan informasi, menjawab pertanyaan atau menyelesaikan masalah yang spesifik. Misalnya, Anda ingin mengetahui tentang perjuangan wanita dalam revolusi Indonesia di sebuah buku sejarah. Bacalah dahulu daftar isi, abstraksi, kesimpulan akhir, ringkasan, dan tabel-tabel di dalam buku tersebut. Cara ini memungkinkan Anda untuk menemukan bagian yang relevan dengan apa yang Anda cari, dan Anda dapat hanya membaca informasi-informasi yang Anda butuhkan saja.
Scanning atau membaca sepintas lalu, bertujuan untuk mendapatkan informasi, menjawab pertanyaan atau menyelesaikan masalah yang spesifik. Misalnya, Anda ingin mengetahui tentang perjuangan wanita dalam revolusi Indonesia di sebuah buku sejarah. Bacalah dahulu daftar isi, abstraksi, kesimpulan akhir, ringkasan, dan tabel-tabel di dalam buku tersebut. Cara ini memungkinkan Anda untuk menemukan bagian yang relevan dengan apa yang Anda cari, dan Anda dapat hanya membaca informasi-informasi yang Anda butuhkan saja.
2. Skimming
Skimming adalah membaca bagian awal sebuah bacaan secara cepat untuk memperoleh gambaran umum atau inti dari buku tersebut. Cari dan surveilah isi buku tersebut dengan membaca cepat bagian awal setiap babnya hingga Anda menemukan bagian yang Anda cari.
3. Membaca kalimat topik
Lakukan ini sebelum Anda membaca lebih dalam. Membaca kalimat-kalimat topik akan berguna ketika Anda mendapatkan bacaan yang padat atau konten yang benar-benar asing/baru bagi Anda. Bacalah kalimat topik atau kalimat inti dari setiap paragrafnya. Dengan ini, Anda akan mendapatkan overview atau gambaran dari bab tersebut
Skimming adalah membaca bagian awal sebuah bacaan secara cepat untuk memperoleh gambaran umum atau inti dari buku tersebut. Cari dan surveilah isi buku tersebut dengan membaca cepat bagian awal setiap babnya hingga Anda menemukan bagian yang Anda cari.
3. Membaca kalimat topik
Lakukan ini sebelum Anda membaca lebih dalam. Membaca kalimat-kalimat topik akan berguna ketika Anda mendapatkan bacaan yang padat atau konten yang benar-benar asing/baru bagi Anda. Bacalah kalimat topik atau kalimat inti dari setiap paragrafnya. Dengan ini, Anda akan mendapatkan overview atau gambaran dari bab tersebut
4. Baca
secara detil
Setelah Anda melakukan 3 hal di atas, bacalah bagian utama atau bagian yang padat dari bacaan tersebut untuk menyaring bukti-bukti pendukung atau mendapatkan isi dari apa yang Anda cari. Bacalah perlahan, berikan perhatian pada hal-hal yang detil. Analisalah isi bacaan Anda dengan menghubungkan ide-ide yang terkait, mempertimbangkan berbagai sudut pandang, mengidentifikasi prinsip-prinsip kunci dari bacaan tersebut, menerapkan ide atau mentransfer pengetahuan dari bacaan tersebut, serta mengevaluasi argumen sang penulis terhadap bukti-bukti yang dipaparkan.
Setelah Anda melakukan 3 hal di atas, bacalah bagian utama atau bagian yang padat dari bacaan tersebut untuk menyaring bukti-bukti pendukung atau mendapatkan isi dari apa yang Anda cari. Bacalah perlahan, berikan perhatian pada hal-hal yang detil. Analisalah isi bacaan Anda dengan menghubungkan ide-ide yang terkait, mempertimbangkan berbagai sudut pandang, mengidentifikasi prinsip-prinsip kunci dari bacaan tersebut, menerapkan ide atau mentransfer pengetahuan dari bacaan tersebut, serta mengevaluasi argumen sang penulis terhadap bukti-bukti yang dipaparkan.
5. Bacalah
untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda
Setelah membaca, mungkin Anda tertarik untuk menulis tentang apa yang Anda cari tersebut. Nah, tingkatkanlah kemampuan menulis Anda dengan memperhatikan struktur dan teknik yang digunakan dalam bacaan Anda. Perhatikanlah struktur keseluruhan bacaan tersebut, struktur dan panjang paragraf, konstruksi argumen penulis, penggunaan bukti-bukti untuk penulisan, analisis literaturnya, transisi serta diskursus penulisan (hubungan antara tulisan satu dengan lainnya, serta alur (flow) tulisan tersebut), serta penggunaan bahasa dan gaya tulisan buku tersebut.
Setelah membaca, mungkin Anda tertarik untuk menulis tentang apa yang Anda cari tersebut. Nah, tingkatkanlah kemampuan menulis Anda dengan memperhatikan struktur dan teknik yang digunakan dalam bacaan Anda. Perhatikanlah struktur keseluruhan bacaan tersebut, struktur dan panjang paragraf, konstruksi argumen penulis, penggunaan bukti-bukti untuk penulisan, analisis literaturnya, transisi serta diskursus penulisan (hubungan antara tulisan satu dengan lainnya, serta alur (flow) tulisan tersebut), serta penggunaan bahasa dan gaya tulisan buku tersebut.
Selamat
mencoba!
Minggu, 04 September 2011
HUT PGRI dihadiri oleh Bupati Banjar
HUT PGRI dan hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 Nopember 2011 Tahun ini akan di laksanakan di Kecamatan Sungai tabuk Kab. Banjar, segala persiapan serta pembentukan panitia akan di bentuk dalam rapat koordinasi dengan Muspika Sungai Tabuk pada tanggal 12 Oktober 2011 bertempat di PKG. Persiapan ini dilakukan sehubungan dengan surat penunjukan dari Pengurus PGRI Kabupaten perihal tempat pelaksanaan dan ketentuan upacara HUT PGRI dan hari Guru se kabupaten Banjar. Mudah-mudahan segala sesuatunya akan berjalan dengan lancar, harapan ini juga ditujukan kepada semua pengurus cabang PGRI dan Panlak yang terbentuk diharapkan dapat bekerja penuh dengan tanggung jawab, karena demi nama baik UPT, Muspika , Kepala Sekolah serta guru sekecamatan Sungai Tabuk selaku Panitia. Amiin..
KONDISI SDN SUNGAI BANGKAL YANG TERKENA MUSIBAH BANJIR

Beginilah kondisi SDN Sungai Bangkal ketika terkena musibah banjir, keadaan seperti ini hampir setiap tahun ketika memasuki musim hujan, tentu saja para siswa dan guru-guru yang mengajar disana mengalami kesulitan menjangkau sekolah karena sepanjang jalan dipenuhi air luapan dari sungai Martapura, untuk mencapai ke sekolah tentu saja kami menyewa alat transportasi kelotok dan tentu mengeluarkan biaya ekstra dari kantong masing-masing, karena kebijakan penggunaan dana BOS melarang untuk keperluan transport guru, kalau dipaksa berkendaraan rasanya tidak mungkin bisa melintas karena dikhawatirkan mesinnya akan tenggelam dan takut mengalami kerusakan. Hal ini pernah kami alami sampai kurang lebih dua bulan tidak pernah surut itu terjadi pada tahun 2010,. Tahun ini pada bulan oktober sepertinya hujan kadang-kadang sudah mulai turun menandakan bahwa musim hujan sudah menjelang, ...ya apa boleh buat kami pasrah saja !!
Acara pelepasan kelas VI Siswa SDN Sungai Bangkal Kec. Sungai Tabuk
Pelepasan siswa-siswi kelas VI Tahun Pelajaran 2010 / 2011 di SD Negeri Sungai Bangkal pada bulan Juni 2011 dihadiri oleh Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Sungai Tabuk, Ketua Komite, Pembakal Desa Sungai Bangkal, pemuka agama dan orang tua wali murid, acara ini berlangsung cukup meriah, meskipun pelaksanaanya sederhana, tapi disajikan dengan cara dikemas dengan menampilkan kegiatan seni antara lain kelas V yang menampilkan seni khas budaya Banjar yakni tari japin dan kesenian daerah Kalteng tari giring-giring, kelas VI juga menampilkan paduan suara dan baca puisi. Dalam sambutanya kepala UPT mengatakan bahwa kegiatan ini tetap terus dilaksanakan, untuk menghadirkan orang tua murid agar dapat lebih memupuk tali silaturahmi dan lebih mempererat hubungan pihak sekolah dengan orang tua murid, agar informasi yang berkembang disekolah dapat lebih cepat terakomodir, begitu juga dengan sambutan Ketua Komite serta Pembakal Sungai Bangkal, yang kurang lebih hampir sama dengan mengharapkan kerja sama yang baik terus dilakukan .
Langganan:
Postingan (Atom)