SELAMAT DATANG

JIKA BLOG INI MEMUASKAN BERITAHUKAN PADA ORANG BANYAK, TAPI JIKA BLOG INI MENGECEWAKAN BERITAHUKAN PADA KAMI ( SUJONO SANTOSO, S.Pd )

Sabtu, 20 Agustus 2011

7 Prinsip pelaksanaan Kurikulum



1. Siswa harus mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk  mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis, dan menyenangkan.
2. Menegakkan 5 pilar belajar
3. Siswa mendapatkan layanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan percepatan 
4. Suasana hubungan siswa dan guru yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat 
5. Menggunakan pendekatan multi strategi dan multi media, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar 
6. Mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya, serta kekayaan daerah .
7. Diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis sesuai dengan jenjang pendidikan










Jumat, 19 Agustus 2011

Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah

Kompetensi kepribadian kepala sekolah :


1.Berakhlak mulia dan menjdi teladan akhlak mulia bagi komunitas disekolah
2.Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin
3.Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah 
4.Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi 
5.Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah
6.Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan








Instrumen EDS

         
              Kepala sekolah selain dituntut  mampu merancang dan menyusun Kurikulum tingkat satuan pendidikan juga harus mampu mengisi instrumen EDS ( Evaluasi Diri Sekolah ), karena EDS adalah kumpulan data sekolah,  baik  data unggulan ataupun data kekurangan di sekolah yang bersangkutan, data ini sangat diperlukan oleh pemerintah daerah maupun pusat, selain sebagai data kuantitatif juga sebagai data kualitatif pada tingkat satuan pendidikan masing-masing. Sesuai dengan  8 SNP, kepala sekolah diharapkan dapat melaporkan sesuai dengan kondisi sekolah yang sebenarnya. Peranan kepala sekolah disini sangat diperlukan untuk mampu mengisi intrumen EDS, terutama bukti fisik yang dimiliki sekolah, selain itu kepala sekolah juga harus mampu mendiskripsikan masalah-masalah yang timbul dari 8 standar nasional pendidikan yang ada , menentukan prioritas serta kekurangan ataupun kelebihan yang dimiliki sekolah, sebagai data awal untuk mengetahui pada tahap pengembangan yang mana sekolah tersebut dikatagorikan, apakah dibawah SPM, sesuai SPM, atau SNP, bahkan mungkin diatas SNP,oleh karena itu data yang dihimpun harus dibuat secara jujur dan terinci, karena data ini bukan untuk mengukur kemampuan kepala sekolah tapi dibuat sebagai data real dan kondisi sekolah yang nyata , sehingga kepala sekolah pada akhirnya dapat memberikan rekomendasi terhadap pemerintah tentang keadaan sekolahnya, serta sebagai dokumen sekolah yang mencakup keseluruhan data, sehingga bila diperlukan baik dalam perencanaan program, pelaksanaan kegiatan belajar, evaluasi ataupun pelaporan bahkan monitoring sekolah oleh pengawas,EDS itulah senjatanya.