Panitia Seleksi Lomba Siswa ( PANSELOSIS )
Hari Senin tanggal 30 Nopember 2015 bertempat di Gedung PKG Sungai Tabuk telah berlangsung rapat pembentukan tim kerja panitia . Rapat tersebut adalah dalam rangka persiapan seleksi kegiatan yang akan dilaksanakan awal tahun 2016, yakni dari berbagai cabang seperti O2SN, FLS2N, MIPA, Calistung, dan berbagai cabang lainnya.
Undang –undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 mengamanatkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampaun dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Untuk dapat memenuhi apa yang diamanatkan dalam Undang –Undang tersebut perlu dilakukan berbagai upaya pendidikan yang baik melalui kegiatan pembelajaran di kelas maupun upaya lain di luar kelas yang bersifat mewadahi berbagai kegiatan yang dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik dan pendidik untuk berprestasi melalui pengembangan minat, bakat, dan kreatifitasnya. Salah satu kegiatan pengembangan minat, bakat dan kreatifitas peserta didik dan pendidik Sekolah Dasar yang bisa menjadi wahana untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi, serta berkompetisi secara sportif adalah “ Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN), Olimpiade lahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Siswa Nasional ( OSN ) dll, diharapkan dapat mendorong minat, bakat, dan kreativitas peserta didik dan pendidik di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, sehingga mereka mampu berprestasi, berkreasi, berkompetisi, dan berkarya secara professional.
RENCANA
PEMBENTUKAN PANITIA FLS2N, O2SN, OSN, LCC
DAN APRESIASI SASTRA SD
KECAMATAN SUNGAI TABUK
KABUPATEN BANJAR
PANDUAN
TEKNIS
FESTIVAL DAN
LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N)
OLIMPIADE
OLAHRAGA SISWA NASIONAL (O2SN)
OLIMPIADE
SISWA NASIONAL (OSN) DAN LCC
LOMBA APRESIASI
SASTRA SEKOLAH DASAR
TINGKAT
KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR TAHUN 2016
A. PENDAHULUAN
Undang
–undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 mengamanatkan bahwa
Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampaun dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi
manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Untuk dapat memenuhi apa yang
diamanatkan dalam Undang –Undang tersebut perlu dilakukan berbagai upaya
pendidikan yang baik melalui kegiatan pembelajaran di kelas maupun upaya lain di
luar kelas yang bersifat mewadahi berbagai kegiatan yang dapat memberikan
kesempatan kepada peserta didik dan pendidik untuk berprestasi melalui
pengembangan minat, bakat, dan kreatifitasnya.
Salah satu
kegiatan pengembangan minat, bakat dan kreatifitas peserta didik dan pendidik
Sekolah Dasar yang bisa menjadi wahana untuk berkreasi, berinovasi,
berprestasi, serta berkompetisi secara sportif adalah “ Festival dan Lomba Seni
Siswa Nasional (FL2SN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Siswa
Nasional ( OSN ) Sekolah Dasar, LCC dan Apresiasi Sastra ”. Dengan kegiatan
FL2SN, O2SN, OSN. LCC dan Apresiasi Sastra Sekolah Dasar diharapkan dapat
mendorong minat, bakat, dan kreativitas peserta didik dan pendidik di Kecamatan
Sungai Tabuk sehingga mereka mampu berprestasi, berkreasi, berkompetisi, dan
berkarya secara professional.
B. DASAR
1. Program Ditjen DikDas Kemdikbud
Tahun 2014
2. Program
Kerja KKKS, KKG IGORA, KKGPAI Sekolah Dasar Kecamatan Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2015/2016
3. Rapat
Pembentukan PANSELOSIS Sub Bidang FLS2N,
O2SN, OSN, LCC dan Apresiasi Sastra Sekolah Dasar Kecamatan Sungai Tabuk Tahun
Pelajaran 2015/2016 pada tanggal 30 Nopember 2015 di Gedung PKG Kecamatan
Sungai Tabuk
C. TUJUAN KEGIATAN
FLS2N, O2SN, OSN, LCC dan Apresiasi Sastra Sekolah
Dasar bertujuan memberikan wadah untuk mengembangkan bakat, minat dan berkreasi
dengan menampilkan karya - karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik
Sekolah Dasar dengan mengedepankan jiwa sportivitas dalam pengembangan diri
secara optimal sehingga dalam kehidupan di masyarakat mampu menjadi warga
Negara Indonesia yang handal dan professional.
D. JENIS, MATERI DAN TEKNIK PELAKSANAAN
- FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL ( FLS2N )
1. Menyanyi Tunggal
a. Materi / Lagu yang difestivalkan
Ø Lagu pilihan wajib :
“Tanah Tumpah Darahku” ciptaan C.
Simanjuntak/Syair: Sanusi Pane
“Hymne
Kemerdekaan” ciptaan Ibu Sud/Syair : Wiratmo Soekito
“Andai Aku
Punya Sayap” ciptaan Titiek Puspa
“Andai Aku
Telah Dewasa” ciptaan Elfa Seciora dan Vera Syl
“Cinta
Untuk Mama” ciptaan Seli Pontoh
|
Ø Lagu pilihan bebas:
Lagu pilihan
bebas adalah lagu
daerah Banjar yang dipilih
dan dipersiapkan oleh
peserta .
|
b. Teknis Pelaksanaan
Festival dilaksanakan untuk menentukan juara I, II,
III
Peserta tampil satu persatu di tempat yang telah
ditentukan, menyanyikan 1 lagu pilihan wajib dan 1 lagu pilihan bebas yang
telah dipilih.
c. Iringan Lagu
Bila memungkinkan iringan lagu menggunakan alat yang
disediakan oleh panitia, bila tidak memungkinkan maka tanpa menggunakan iringan
lagu. Atau peserta boleh membawa pengiring lagu sendiri.
d. Aspek Penilaian
Ø Teknik /Vokal
Ø Ekspresi/Penjiwaan
Ø Penampilan
Ø Kemampuan komonikasi dengan audiens
e. Penetapan Juara
Dalam penetapan juara I, II dan III berdasarkan
peringkat perolehan nilai
2. Pidato Bahasa Indonesia
a. Materi
Pidato
Materi terkait dengan mata pelajaran yang sesuai
dengan kurikulum SD yang berlaku serta pengembangannya dengan topik : Kejujuran
adalah segalanya, Kehidupan di desa saya, Bahasa menunjukkan bangsa,
Kesetiakawanan menghadapi bencana, Disiplin mulai dari diri sendiri.
b. Teknik
Pelaksanaan
Pelaksanaan festival untuk
menentukan juara I, II, dann III
· Peserta memilih salah satu topik
pidato yang telah ditentukan Panitia
· Peserta membuat kerangka pidato
sesuai topik yang dipilih selama 30 menit
· Peserta tampil berpidato satu per
satu sesuai dengan urutan undian pada saat pelaksanaan festival setelah
menyerahkan kerangka pidato kepada Panitia.
· Setiap peserta berpidato maksimal 10
s/d 15 menit tanpa naskah namum boleh melihat kerangka pidato yang telah
disiapkan.
c. Aspek
Penilaian
Aspek yang dinilai adalah:
Ø Aspek kebahasaan
· Ketepatan pengucapan vokal dan
konsonan
· Ketepatan pengucapan intonasi, naik
turunnya suara, serta tekanan suku kata.
· Ketepatan pengucapan istilah yang
digunakan (pilihan kata, ungkapan dan variasi kata)
Ø Aspek Non Kebahasaan
· Keberanian dan semangat
· Volume suara
· Pandangan mata
· Ketepatan urutan kejadian
(kronologis)
· Kewajaran dan kelancaran
· Gerak –gerik dan mimik
· Penguasaan topik
d. Penetapan
Juara
Dalam penetapan juara I, II dan III
berdasarkan peringkat perolehan nilai.
3. Membuat Gambar Bercerita
a. Teknis Pelaksanaan
Gambar bercerita
adalah gambar yang
memiliki narasi yang
tujuannya menceritakan sesuatu
melalui gambar tanpa tulisan, jadi gambar tersebut merupakan bahasa gambar.
Lomba gambar bercerita dilakukan atau dilaksanakan sebagai berikut:
1) Peserta memilih tema/topik cerita yang
disediakan oleh panitia;
2) Karya berupa gambar yang dapat menceritakan
tema yang dipilih;
3) Karya berupa gambar berwarna yang dapat menceritakan
tema yang ditentukan
4) Peserta
wajib membawa dan menggunakan
alat gambar berwarna/krayon dalam mengikuti lomba
5) Peserta
mencantumkan data pada kertas gambar bagian belakang yang disediakan Panitia
meliputi:
Nama :
…………………………………..
Judul
Karya : ……………………………………
b. Topik Gambar
Bercerita
Kegiatan
lomba membuat gambar bercerita memilih salah satu dari tiga topik, yaitu :
Tema utama:
Mencintai cerita rakyat Nusantara memupuk budi pekerti dan karakter bangsa
Sub tema :
a. Legenda
Nusantara b. Cerita rakyat Nusantara c. Fabel Nusantara
c. Aspek
Penilaian
Aspek yang dinilai terdiri dari:
1) Segi Edukasi
Ø Gambar dan isi cerita tidak melanggar norma-norma
kesusilaan yang berlaku
umum
2) Segi cerita
Ø Sesuai dengan dunia anak , sederhana dan komunikatif
Ø Kesesuaian cerita dengan gambar
3) Segi gambar
Ø Kesesuaian gambar dengan cerita
Ø Kreatifitas ( bentuk dan komposisi warna )
Ø Keterampilan ( ketepatan tehnik menggambar )
d. Penetapan
Juara
Dalam festival ini penetapan Juara I, II,III
berdasarkan peringkat hasil penilaian.
4. Lomba Seni Tari Kreasi Baru
a. Ketentuan
a. Materi
yang ditampilkan adalah
tari kreasi baru
yang berakar pada
budaya bangsa Indonesia.
b. Menyerahkan
sinopsis tentang tema
tari yang akan
ditampilkan pada saat
technical meeting.
c. Jumlah peserta maksimal 5 orang.
d. Setiap kelompok boleh terdiri dari
laki-laki atau perempuan atau campuran (laki-laki dan perempuan).
e. Musik
iringan menggunakan CD
atau iringan musik
hidup yang disiapkan
oleh masing-masing peserta.
f. Kostum tari disiapkan oleh peserta, dan
disesuaikan dengan usia peserta
g. Tidak diperkenankan menggunakan properti benda
tajam.
h. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat
b. Tema Tarian
Mengangkat kekhasan
atau keunikan daerah
setempat, cinta alam
lingkungan serta mengandung
nilai-nilai kepedulian sosial.
c. Teknik Pelaksanaan
Festival Lomba Seni Tari Kreasi Baru dilaksanakan
sebagai berikut:
1) Peserta
menampilkan satu tarian yang telah disiapkan.
2) Peserta tampil
sesuai dengan nomor
urut undian
3) Peserta
wajib menyerahkan Sinopsis Seni Tari Kreasi Baru kepada Dewan Juri sebelum
tampil.
d. Penetapan Juara
Dalam
festival ini penetapan Juara I, II,III berdasarkan peringkat hasil penilaian
e. Aspek Penilaian
Aspek
penilaian terdiri dari :
a. Wiraga (
teknik menari)
b. Wirama
(penghayatan gerak dan musik)
c. Wirasa
(penghayatan, penjiwaan dan ekspresi terhadap tema yang disampaikan)
d.
Penampilan (keserasian, antara tari, musik, kostum dan tata rias)
e.
Kreativitas serta kesesuaian dengan kehidupan/dunia anak (SD)
f. Memuat
dan mengekspresikan nilai-nilai karakter positif
g. Unsur
inovasi (bersumber pada tema)
5. Lomba Kriya Anyam
a. Teknik Pelaksanaan
Kriya merupakan
ekspresi ungkap seni
dalam berkarya yang
dibuat dalam jumlah terbatas, menonjolkan
teknik keterampilan, metoda
kerja, hasil yang
lebih mengutamakan segi keunikan. Kegiatan lomba
seni kriya anyam
untuk menetapkan juara I, II, dan
III dengan ketentuan:
a.
Peserta wajib menghasilkan 1 (
satu ) karya yang dilombakan dan dipamerkan;
b. Konsep (terdiri
gambar, desain dan
peralatan serta cara
membuat/proses kerja) disampaikan kepada panitia 1 (satu) jam
sebelum penampilan; Hak cipta dan proses pembuatan karya
seni ditulis :
1)
Nama Pembuat : …………………………………
2)
Judul Karya : …………………………………
3)
Material yang digunakan :
…………………………………
c. Membawa material
yang siap anyam
(contoh; rotan membawa
fitrit atau core, bambu membawa iratan siap anyam, boleh
membawa yang sudah diwarna, dll).
b. Peserta
Peserta adalah juara lomba kriya
anyam tingkat gugus
c. Bentuk Karya Kriya Anyam
Memiliki nilai fungsi dan nilai
estetika. Ukuran maksimum ukuran:
Panjang : 20 cm Lebar : 30 cm Tinggi : 40 cm.
d. Bahan dan Perlengkapan
1) Bahan dasar
yang digunakan adalah
bahan alam yang
mudah diperoleh di lingkungan sekitar, seperti : bambu, kayu,
rotan, pelepah pisang, kulit, akar -akaran, tali ijuk,
enceng gondok, pandan,
batang padi dll
yang sudah siap
anyam (tidak perlu diolah lagi).
2) Alat
yang digunakan dalam pembuatan boleh alat manual atau semi mesin (elektrik)
3)
Karya dapat diwarnai dengan bahan sintetis atau campuran.
e. Tema
“Mencintai Budaya Nusantara sebagai landasan
berinovasi dalam kriya anyam”
f. Teknik
Pelaksanaan
1) Peserta membawa
hasil karya yang sudah
dilombakan dan barang yang belum jadi ,
kemudian dikerjakan atau dibuat di tempat yang telah disediakan;
2) Peserta
membuat ulang karyanya dengan waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan
(maksimal 8 jam);
3) Peserta menjelaskan dan memperagakan cara
pembuatan dengan membawa
karya yang telah dibuatnya dan karya yang dibawa dari masing-masing
peserta;
4) Peserta membuat
satu produk yang
memiiki nilai fungsional
dan estetika dengan tema yang
ditentukan kemudian (misal; membuat kotak pinsil dengan ukuran kurang lebih
20X20X10 cm atau membuat produk lainnya)
g. Aspek Penilaian
1) Kreativitas
(Kesesuaian tema dan Originalitas)
2) Materi
(Penguasaan sifat material yang dipilih)
3) Teknik
(Penguasaan teknik,tingkat kesulitan, dan kerumitan anyaman)
4) Visual
(Presisi, unik dan mempunyai nilai artistik)
5)
Fungsi/kegunaan (Teknik penggunaan yang baik dan sesuai fungsi)
6) Konsep
(Terdiri gambar, desain dan peralatan serta cara membuat/proses kerja)
7) Ekonomis
(Memungkinkan memiliki nilai ekonomi)
6. Lomba Pantomim
1.
Peserta
Peserta adalah
juara lomba pantomim
tingkat gugus.
2.
Ketentuan
a. Materi pantomim yang ditampilkan berakar pada
budaya bangsa Indonesia dan tidak menyinggung PARAS (Pornografi, Agama, Ras,
Antargolongan, dan Suku)
b. Menyerahkan sinopsis cerita yang ditampilkan.
c.
Durasi penampilan maksimal
maksimal 10 menit.
d. Satu grup terdiri dari (dua) orang.
e. Peserta boleh laki-laki atau perempuan.
f. Musik iringan
menggunakan flash disc
atau CD dalam
format MP3 disiapkan
oleh masing-masing peserta.
g. Kostum dan make up pantomim disiapkan oleh
peserta.
h. Tidak diperbolehkan menggunakan properti
apapun.
i. Keputusan
dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
3. Tema
a. Cinta kasih (keluarga, teman, ciptaan Tuhan,
negara)
b. Budaya (menjaga kebersihan, gotong-royong,
saling menghormati, kedisiplinan)
c. Sosial (Menolong sesama)
d. Seni Budaya (cerita, legenda daerah,
tradisi)
4. Unsur Penilaian
Aspek penilaian:
a. Konsep (ide dan gagasan)
b. Gerak ( teknik, harmonisasi )
c. Ekspresi (imajinasi dan mimik wajah)
d. Penampilan (make up dan kostum)
e. Kekompakan (Kreativitas)
5. Teknis Pelaksanaan
Teknis
pelaksanaan kegiatan lomba pantomim sebagai berikut :
a) Peserta menampilkan pantomim sesuai dengan
tema
b)
Sinopsis dan flash
disk / CD musik
dalam format MP3
diserahkan kepada dewan juri sebelum lomba.
c) Orientasi
Pentas
Orientasi pentas
dipergunakan untuk mengenal,
menguasai pentas, dan
keluar masuk pentas.
Ø OSN ( Olimpiade Siswa Nasional )
A. TUJUAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL
Olimpiade
Sains Nasional tingkat SD diadakan untuk
menyediakan suatu wahana
kompetisi dalam bidang
Matematika dan IPA
bagi peserta didik SD,
sebagai bagian dari
upaya komprehensif dalam
penumbuhkembangan budaya belajar,
kreativitas, dan motivasi
berprestasi. Kompetisi ini
dirancang sebagai kompetisi yang
sehat serta menjunjung tinggi nilai -nilai sportivitas. Secara khusus Olimpiade
Sains Nasional Tingkat SD adalah sebagai berikut:
a. Menyediakan wahana
bagi peserta didik
SD untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan
IPA sehingga peserta didik
SD dapat berkreasi dan mengembangkan seluruh aspek kepribadian
dan kemampuannya.
b. Memotivasi peserta
didik SD untuk selalu
meningkatkan kemampuan
intelektual, emosional, dan spiritual
berdasarkan norma-norma yang
sehat sehingga peserta didik SD
dapat memacu kemampuan berpikir nalar.
c. Memotivasi guru
untuk meningkatkan kualitas
dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD.
B. TEMA
OLIMPIADE
“CERDAS, TERAMPIL,
KREATIF, dan KOMPETITIF
untuk MERAIH PRESTASI TERBAIK”
C. MATERI LOMBA
1. Cakupan materi
dan tingkat kesulitan
dari soal-soal OSN
tingkat SD ini didasarkan pada
kurikulum SD.
2. Materi yang
diujikan/dikompetisikan
terdiri dari soal-soal
teori dan eksplorasi/eksperimen.
3. Penyelesaian soal-soal
eksplorasi/eksperimen selain memerlukan
pemahaman konsep juga memerlukan
kemampuan bernalar, psikomotor
dan kreatifitas dalam memanfaatkan alat peraga.
4. Rincian materi olimpiade
antara lain sebagai berikut:
a. Bidang Matematika
Bilangan,
Aritmatika, Geometri, Data dan Pengukuran
b. Bidang Ilmu Pengetahuan Alam
Makhluk hidup
dan proses kehidupan pada manusia, hewan, tumbuhan, dan interaksinya dengan
lingkungan. Benda, yang mencakup sifat dan kegunaan benda cair, benda padat,
dan gas. Energi dan perubahannya, yang mencakup gaya, bunyi, panas, magnet,
listrik, cahaya, dan penerapan sains. Bumi dan tata surya, yang mencakup tanah,
bumi, tata surya, dan benda langit lainnya.
D.
ALOKASI WAKTU MATEMATIKA
- 2
x 60 Menit / Set soal Matematika
- Sesuai dengan
materi Matematika kelas
IV, V dan
VI dan soal-soal pengembangan lainnya;
- Soal
Matematika 20 soal isian singkat dengan
4 soal diantaranya berbahasa Inggris dan 8 soal
uraian (UR) dengan
2 soal diantaranya berbahasa
Inggris
- Nilai total
44, yaitu; 20 IS x 1 poin = 20 dan 8 UR
x 3 poin = 24
E.
ALOKASI WAKTU ILMU PENGETAHUAN ALAM
- 2
x 60 Menit / Set soal IPA
- Sesuai dengan materi IPA kelas IV, V, dan VI;
- Memuat
soal IPA berbahasa
Inggris (maksimal 20%
dari banyaknya soal);
- Soal: 30
soal pilihan ganda
dan 10 soal
isian singkat, 10 soal uraian
- Nilai total 100, yaitu; 30 PG x 1 poin = 30,
10 IS x 2 poin = 20, 10 UR x 5 poin = 50
F. TEHNIK PELAKSANAAN
Ø Peserta memasuki ruangan yag telah ditentukan Panitia
Ø Peserta diberi oleh Panitia untuk dijawab pada lembar
jawaban yang disediakan
Ø Peserta yang sudah selesai dan waktu belum habis
diperkenankan meninggalkan ruangan, lembar soal dan jawaban ditinggalkan di
meja dalam keadaan terbalik
Ø Peserta harus menuliskan nama dan asal sekolah pada
lembar jawaban
G. PENETAPAN JUARA
Dalam Olimpiade ini penetapan Juara
I, II,III berdasarkan peringkat hasil nilai tertinggi
Ø APRESIASI SASTRA
A. Tujuan
1. Meningkatkan
kreativitas siswa dalam bidang seni dan sastra;
2. Meningkatkan
kesadaran siswa tentang pentingnya cerpen sebagai sarana estetika dalam
mengungkapkan buah pikiran dan perasaannya;
3. Meningkatkan kecintaan
siswa terhadap sastra
dan bahasa Indonesia
sebagai sarana untuk membangun karakter, jati diri, dan kebanggaan
nasional;
4. Memberi
motivasi kepada siswa untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis sejak dini.
B. Tema
1. Tema
Raih
Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti
2. Subtema
Melalui kegiatan
lomba cipta karya
sastra kita tingkatkan
kreativitas, kemampuan berbahasa
dan penghargaan terhadap kearifan lokal budaya Indonesia .
C. Cipta
Puisi
Definisi
Syair :
Puisi ialah
jenis puisi bebas
yang membawa makna isi dan maksud. Puisi sering
membawa makna isi yang berhubung dengan
kias ibarat, harapan,
nasihat, pengajaran, agama
dan sejarah.
E. Peserta
Peserta
untuk Lomba , Lomba Cipta Puisi, adalah yang telah lolos seleksi di sekolah.
F. Juri
1. Tim juri untuk masing-masing
bidang lomba adalah orang yang ahli di bidang seni yang bersangkutan
2.
Hasil
keputusan juri dalam
penentuan peserta terbaik
bersifat final, tidak
dapat diganggu gugat.
G. Penjelasan Umum
Penjelasan umum dimaksudkan untuk memberikan gambaran
kepada para peserta dan pendamping mengenai hal-hal yang berkenaan dengan
kegiatan Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar .
H. Kriteria Penilaian
a.
Lomba Cipta Puisi
1) Kesesuaian
topik dan tema dengan isi.
2) Gaya bahasa.
3) Makna dan
manfaat.
4) Kreativitas.
4. Tim juri menetapkan peserta terbaik berdasarkan
hasil penilaian untuk menentukan
juara I, II, III.
Ø O2SN ( Olimpiade Olah raga Siswa Nasional )
a. Sepak Bola Mini
Beregu Putra
( 7 Inti + 3 Cadangan )
c. Tenis Meja
Perorangan
maksimal 2 pa dan 2 pi
d. Bulu Tangkis
Perorangan
maksimal 2 pa dan 2 pi
e. Catur
Perorangan
maksimal 2 pa dan 2 pi
f. Atletik
Perorangan
maksimal 2 pa dan 2 pi
E. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Waktu pelaksanaan
pada tanggal ............. januari 2016.
Tempat Perlombaan di SDN. Sungai Tabuk Keramat 1 Kecamatan Sungai Tabuk. Jadwal
Perlombaan sebagaimana terlampir.
F. PESERTA
1. Jumlah Peserta
Ø Peserta FLS2N
a. Menyanyi Tunggal : 1 orang
b. Pidato Bahasa Indonesia : 1
orang
c. Membuat Gambar Bercerita : 1 orang
d. Seni Tari Kreasi Baru : Maksimal
5 orang
e. Kriya Ayam : 1
orang
f. Pantomin : 1
orang
Ø Peserta LCC : 3 orang
Ø Peserta OSN
a.
Olimpiade Matematika : Maksimal 2 orang
b. Olimpiade IPA : Maksimal 2 orang
Ø Peserta Festival O2SN
a. Sepak
Bola Mini : 7 orang inti dan 3 orang cadangan
c. Tenis Meja : Maksimal 2 orang pa dan 2 orang pi
d. Bulu Tangkis : Maksimal
2 orang pa dan 2 orang pi
e. Catur : Maksimal 2 orang pa dan 2 orang pi
f. Atletik : Maksimal 2 orang pa dan 2 orang pi
2. Persyaratan Peserta
a. Peserta O2SN :
Ø Siswa/siswi Sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Sungai
tabuk tahun kelahiran siswa mulai dari 01 Januari 2004 dan bukan siswa kelas VI
kecuali cabang lomba sepak bola .
Ø Dilengkapi dengan Akte Kelahiran Asli dan fotho copy
sebanyak 1 lembar.
Ø Membawa Raport Asli dan foto copy raport halaman depan
serta nilai raport terakhir sebanyak 1 lembar yang dilegalisir Kepala Sekolah.
Ø Data Peserta diserahkan Panitia / Koordinator Lomba
tanggal Januari 2016.
Ø Seorang anak tidak boleh mengikuti lebih dari 1
cabang.
b. Peserta FLS2N, OSN, LCC dan
Apresiasi Sastra :
Ø Dilengkapi Raport As li dengan foto copy raport
halaman depan dan nilai raport terakhir yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
Ø Diserahkan kepada Panitia / Koordinator Lomba sebelum
pelaksanaan lomba.
c. Apabila peserta tidak melengkapi
syarat sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku maka dinyatakan tidak mengikuti
lomba.
G. PENGHARGAAN
1. Piagam
Piagam disediakan untuk peraih juara 1,2 dan 3 masing
– masing cabang lomba.
2. Piala
Bergilir
Piala bergilir terdiri dari 3 tropi yaitu Tropi O2SN,
Tropi FLS2N dan Tropi bergilir untuk Juara Umum dari UPT dan Pengawas, apabila
3 kali dapat mempertahankan peraih mendali terbanyak secara berturut-turut maka
Piala bergilir tersebut menjadi Piala Tetap bagi sekolah yang bersangkutan.
H. SUMBER DANA
Sumber Dana
diperoleh dari Dana O2SN, FLS2N, Apresiasi Sastra, OSN dan LCC Kecamatan Sungai
tabuk adalah dari dana Kontribusi sekolah dan bantuan yang tidak mengikat
I.
KEPANITIAAN
Susunan
Panitia FLS2N, O2SN, OSN, LCC dan Apresiasi Sastra Sekolah Dasar Kecamatan
Sungai tabuk Tahun 2015 berdasarkan hasil rapat PANSELOSIS tanggal 30 Nopember 2015 sebagai berikut :
1. Pelindung : 1. Ka. UPT Kecamatan
Sungai Tabuk
2. Penasehat : 1. Pengawas TK-SD
Kecamatan Sungai Tabuk
:
2. KKKS Kecamatan Sungai Tabuk
3. Ketua Umum : Sujono Santoso, S.Pd
Sekretaris Umum : Muhammad Jaini, S.Pd
Bendahara Umum : Hj.Yuliani, S.Pd
Cabang O2SN Ketua : Syarifudin, S.Pd
Sekretaris : Zainal Abidin, S.Pd
Bendahara : Fatimah, S.Pd
Cabang FLS2N Ketua : Luk luk Handayani, S.Pd
Sekretaris : .........................................
Bendahara : .........................................
Cabang OSN Ketua : .........................................
Sekretaris : .........................................
Bendahara : .........................................
Cabang LCC & Ketua :
.........................................
Apresiasi Sastra Sekretaris : .........................................
Bendahara : .........................................
4. Koordinator dan Dewan Juri
a. Koordinator Olimp. Matematika : ....................................................
Dewan Juri : 1. ................................................
2. ................................................
b. Koordinator Olimpiade IPA : ..........................................
Dewan Juri : ..........................................
..........................................
c. Koordinator LCC : ..........................................
..........................................
Dewan Juri : 1. ......................................
2. ......................................
3.
......................................
d. Koordinator Pidato Bhs. Indonesia : .........................................
Dewan Juri : 1. .....................................
2. .....................................
e. Koordinator Gambar Bercerita : .........................................
Dewan Juri : 1. .....................................
2. .....................................
f. Koordinator Seni T. Kreasi Baru : .........................................
Dewan Juri : 1. .....................................
2. .....................................
g. Koordinator Kriya Anyam : .........................................
Dewan Juri : 1. .....................................
2. .....................................
h. Koordinator Menyanyi Tunggal : .........................................
Dewan Juri : 1. .....................................
2. .....................................
i. Koordinator
Pantomim : .........................................
Dewan
Juri :
1. .....................................
2. .....................................
j. Koordinator
Apresiasi Sastra : .........................................
Dewan
Juri :
1. .....................................
2. .....................................
3. ...................................
5. Koordinator O2SN
a. Koordinator
Sepak Bola Mini : ......................................
1. ......................................
2. ......................................
c. Koordinator Tenis Meja :
.....................................
1. .....................................
2. .....................................
3. .....................................
d. Koordinator Bulu Tangkis : .....................................
1. .....................................
2. .....................................
e. Koordinator Catur :
....................................
1. .....................................
2. .....................................
f. Koordinator Atletik :
...................................
1. .....................................
2. .....................................
Dewan Juri
Atletik : ......................................
:
......................................
J.
KETENTUAN LAIN
1. Juara I yang ditetapkan pada FLS2N, O2SN, OSN, LCC dan
Apresiasi Sastra akan diikutsertakan pada Lomba FLS2N, O2SN, OSN, LCC dan
Apresiasi Sastra Tingkat Kabupaten Banjar.
2. Peraturan yang belum tercantum dalam panduan ini akan
dijelaskan pada penjelasan teknis.
3. Raport dan Akte asli peserta lomba menjadi tanggung
jawab penuh koordinator cabang lomba sebelum dikembalikan kepada guru
pendamping masing-masing peserta.
4. Penulisan piagam penghargaan berdasarkan foto copy
Akte / foto copy raport yang disampaikan kepada Panitia.
5. Keputusan dewan juri setiap perlombaan bersifat mutlak
dan tidak dapat diganggu gugat.
6. Apabila peserta hanya dua orang dalam setiap cabang
dan berasal dari satu sekolah maka cabang tersebut tidak dilombakan dan tidak
mendapat medali namun peserta tersebut dapat mewakili perlombaan tingkat
kabupaten sesuai aturan yang berlaku.
K. PENUTUP
Dengan memanjatkan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa, dengan disusunnya Pedoman Teknis ini semoga dapat menjadi pedoman
bagi seluruh sekolah yang menjadi peserta FLS2N, O2SN, OSN, LCC dan Apresiasi
Sastra Sekolah Dasar. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh jajaran
pendidikan Kecamatan Sungai Tabuk mulai dari Ka. UPT, Pengawas TK-SD, Pengurus
KKKS, Pengurus KKG, Pengurus KKGOR dan Pengurus KKGPAI yang telah bekerja keras
dalam mewujudkan kegiatan FLS2N, O2SN, OSN, LCC dan Apresiasi Sastra yang
sangat bermanfaat sebagai ajang pembinaan seni, kreatifitas, minat dan bakat
Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sungai Tabuk. Semoga apa yang telah diberikan,
berupa bantuan moril dan materiel dapat bermanfa’at yang sebesar-besarnya.
Sungai tabuk, Nopember 2015
Panitia FLS2N, O2SN, OSN, LCC dan
Apresiasi Sastra
Kecamatan Sungai Tabuk
Ketua
Umum
Sekretaris Umum
SUJONO SANTOSO, S.Pd M. JAINI, S.Pd
NIP.
19640629 198503 1 009 NIP. 19680106 198608 1 001