SELAMAT DATANG

JIKA BLOG INI MEMUASKAN BERITAHUKAN PADA ORANG BANYAK, TAPI JIKA BLOG INI MENGECEWAKAN BERITAHUKAN PADA KAMI ( SUJONO SANTOSO, S.Pd )

Jumat, 14 Oktober 2011

KONFLIK INTERNAL

           

               Salah satu tugas kepala sekolah dalam memimpin pendidikan adalah kemampuannya menyelesaikan konflik. Tugas ini sangat strategis, karena menentukan dinamika pendidikan. Jika seorang kepala sekolah mampu menyelesaikan konflik, maka produktifitas dan efektifitas pendidikan akan tercapai. Namun jika ia tidak mampu menyelesaikanya, maka lembaga pendidikan yang dipimpinnya, bisa mengalami kemerosotan dan kemunduran. Disinilah pentingnya kelihaian, keterampilan , dan kepiawaian seorang kepala sekolah dalam menyelesaikan konflik. Jangan sampai membiarkan konflik berkepanjangan tanpa solusi. Jangan sampai konflik menjadi penyebab dekadensi dan degradasi. Jangan sampai konflik menghancurkan eksistensi dan reputasi lembaga pendidikan tanpa langkah-langkah preventif dan kuratif. Kemampuan menyelesaikan konflik menjadi suatu keniscayaan. Karena dunia pendidikan sebagaimana dunia yang lain, tidak lepas dari konflik. Konflik bisa diartikan sebagai perselisihan, pertentangan, perbedaan pendapat satu dengan orang lain. Konflik sangat erat kaitanya dengan perasaan manusia, termasuk perasaan diabaikan, disepelekan, tidak dihargai, ditinggalkan,  dan juga perasaan jengkel karena kelebihan beban kerja. Perasaan tersebut sewaktu-waktu dapat memicu timbulnya kemarahan. Keadaan tersebut akan mempengaruhi seseorang dalam melaksanakan kegiatan secara langsung, dan dapat menurunkan produktifitas kerja guru ataupun kepala sekolah secara tidak langsung, dengan melakukan kesalahan, baik kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.
               Disini peran kepala sekolah dituntut  sedapat mungkin menyelesaikan masalah konflik tersebut. Berikut ini ada beberapa TIPS untuk kepala sekolah yang dapat dijadikan jalan keluar untuk mencairkan konflik yaitu: 
1. Definisikan secara jelas konflik apa yang sedang berkembang
2. Milikilah keyakinan bahwa ini bukanlah pertentangan antara anda dengan saya, tetapi ini    adalah saya bersama anda melawan masalah itu.
3.Lakukan identifikasi orang-orang yang memiliki kepedulian yang sama dengan anda dan orang-orang yang justru berseberangan dengan anda.
4. Pilihlah interpretasi berdasarkan fakta. Jangan meminta suatu pendapat pendapat dari orang yang sedang berkonflik. karena hanya akan memperoleh pendapat dan penafsiran versi mereka.
5. Kembangkan rasa untuk memaafkan dari kedua belah pihak
6. Belajar mendengar secara aktif, mulailah dengan berusaha memahami, kemudian menjadi dipahami, setidaknya dengan cara ini akan membantu melepaskan ego, atau uneg-uneg yang bersangkutan.
7. Berusahalah mensucikan hati. Hati yang bersih merupakan benteng utama dari berbagai serangan dari luar dan juga akan pembimbing kita dalam setiap tindakan.

Mudah-mudahan dengan cara ini kepala sekolah yang mengalami hal seperti diatas akan dapat mengatasi konflik internal yang terjadi di sekolah.


ANALISIS SWOT

               Paradigma baru menejemen pendidikan memberikan kewenangan luas kepada kepala sekolah dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian pendidikan di sekolah. Kepala sekolah harus siap menerima kewenangan tersebut dengan berbagai konsekwensinya. Disamping itu, percepatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni yang merambah kesekolah-sekolah, semakin membuat kompleks kehidupan kepala sekolah, bukan sebaliknya. Kepala sekolah tidak lagi dapat menerima suatu perubahan sebagaimana adanya, tetapi harus berfikir untuk membuat perubahan disekolah. 
               Kunci agar kepala sekolah dan tenaga kependidikan tetap bertahan dan enjoy ditengah-tengah perubahan paradigma baru menejemen pendidikan, adalah dengan memahami posisi, dan apa yang sedang terjadi, serta kesiapan untuk menjadi bagian dari dunia baru yang sangat berbeda.Misalnya dalam menejemen, yang dulu sentralistik, sekarang didesentralisasikan kesekolah dengan model menejemen berbasis sekolah (MBS). Demikian juga dengan kurikulum dan sistim penilaian yang berlaku. Untuk ini Bagaimana sikap dan kemampuan yang dimiliki oleh kepala sekolah dituntut untuk terbuka dan mampu membaca semua peluang ini. serta agar kepala sekolah memahami berbagai kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan. Lebih dari itu bagaimana memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mengatasi kelemahan dan tantangan untuk mendorong visi menjadi aksi. ingat  !! analisis ( SWOT )

Kamis, 13 Oktober 2011

RAKOR PGRI DAN MUSPIKA

                 Rapat kordinasi dengan Muspika Sungai Tabuk dan Pengurus PGRI Kab.Banjar di Ruangan PKG tanggal 12 Oktober 2011, bersama Pengurus cabang PGRI Sungai Tabuk, telah memutuskan beberapa rancangan dan menetapkan kepanitiaan dalam rangka HUT PGRI dan hari Guru Nasional tingkat kabupaten Banjar di Kecamatan Sungai Tabuk, yang pelaksanaanya Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggala 24 Nopember 2011. Seluruh peserta 98 % hadir mengikuti acara rakor tersebut. Mudah-mudahan pelaksanaan HUT PGRI dan hari Guru Nasional akan berjalan dengan baik dan lancar.

Senin, 10 Oktober 2011

DANCING DAN NAGA

               Dancing adalah sebuah perpaduan seni dan olah raga yang cukup menarik dan sulit dilakukan, tidak semua bisa melakukan gerakan-gerakan seperti ini, karena memerlukan kelenturan dan daya tahan yang cukup memadai dalam melakukan gerakan ini. Menikmati ataupun mengamati gerakan yang dilakukan sesorang dalam melakukan seni dancing akan terkesan bahwa gerakan ini memerlukan kelincahan gerakan, gerakan dancing di ciptakan untuk memadukan antara tarian dengan gerakan olah raga yang harmonis dan terpadu. Kaum muda yang cenderung melakukan gerakan ini harus memiliki kekuatan dan daya tahan lebih dari biasanya.
            Nanang dan Galuh Banjar sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Istilah ini dipakai oleh Dinas Pariwisata dalam rangka seleksi tingkat Kota Banjarmasin. dan yang paling kiri adalah galuh Vina Novrilla yang menyandang predikat galuh kepribadian, tingkat kota Banjarmasin. bersama temanya sesama Galuh dan Nanang, mereka sedang mendampingi wali kota Banjarmasin dalam rangka pembukaan pasar wadai, menjelang bulan suci ramadhan tahun 2011 di jalan Jenderal Sudirman, depan Masjid raya Sabillal Mukhtadin Banjarmasin

ARTI SEBUAH SENI

             Tentu tak asing lagi bila anda senang mendengar atau senang menyanyikan sebuah lagu yang sesuai dengan perasaan hati dan kenangan sewaktu masih kecil atau mengingat kampung halaman, bahkan mungkin ketika mendengar lagu atau menyanyikan lagu perasaan hati kita terbawa  dan melayang seraya ikut merasakan dan menikmati apa yang kita nyanyikan. Itulah perwujudan rasa penghargaan hati manusia terhadap seni. di bidang tarik suara atau pun lagu.       
             Seni adalah perwujudan perasaan hati , ekspresi, apresiasi, serta   ketertarikan, seseorang akan sesuatu dalam berkomunikasi dan berimajinasi dengan manusia dan alam sekitarnya yang dituangkan dalam bentuk  seperti lagu, lukisan, puisi, suara, benda antik  dll. Seni adalah anugerah, yang harus kita pelihara dan dikembangkan, seni merupakan perwujudan ekspresi atas dasar perasaan manusia dari lubuk hati yang paling dalam. Semua orang memiliki jiwa seni, hanya saja kadar dan pendalamnya sangat berbeda dalam memperlakukan keinginan hatinya serta pengembanganya, perwujudan jiwa seni pada seseorang tidak sama, tergantung dari karakter seseorang. Tapi bagaimanapun juga seni adalah hasil olah pikir manusia yang diwujudkan dan dirasakan oleh dirinya sendiri ataupun orang lain dalam bentuk Audio maupun Video, bahkan abstrak atau hayalan.