SELAMAT DATANG

JIKA BLOG INI MEMUASKAN BERITAHUKAN PADA ORANG BANYAK, TAPI JIKA BLOG INI MENGECEWAKAN BERITAHUKAN PADA KAMI ( SUJONO SANTOSO, S.Pd )

Sabtu, 30 April 2016

125 TROPY PEMENANG LOMBA DARI 43 CABANG YANG DISELENGGARAKAN OLEH PANSELOSIS




DAFTAR NAMA PEMENANG LOMBA DAN PERTANDINGAN TINGKAT SD DAN TROPY JUARA UMUM, YANG AKAN DISERAHKAN PADA UPACARA HARDIKNAS PADA HARI SENIN TGL,2 MEI 2016 DI LAPANGAN SDN ST. KERAMAT 1 SEBANYAK 35 CABANG DAN 125 PENERIMA TROPY DAN PIAGAM PENGHARGAAN DARI UPTP SUNGAI TABUK

Oleh : SUJONO SANTOSO, S.Pd
..........................................................................
, Dimohon untuk hadir di lapangan untuk mengikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional, dan Penyerahan Tropy dan Piagam Penghargaan.
..........................................................................

@ Asalamu'alaikum wr, wb........
PANSELOSIS mengucapakan Puji syukur Kehadirat Allah SWT, karena berbagai kegiatan lomba/ Pertandingan dalam rangka seleksi Calistung, OSN, O2SN, FLS2N, serta dalam rangka Hari Pendidikan Nasional berjalan lancar dan sukses. Terima kasih buat semua relawan ataupun panitia yang sudah membantu kegiatan ini, sehingga acara ini berjalan dengan lancar dan sukses. Terima kasih atas partisipasi dari semua pihak terutama kepada kepala sekolah yang telah banyak membantu dalam hal pendanaan dan teman-teman yang telah menjadi bagian dari urat nadi program K3S dan Panselosis. Semoga keberkahan dan limpahan rahmat selalu menyertai kita semua...Amiin.
Kegiatan yang cukup banyak menyita waktu dan dana, telah menyelesaikan 35 cabang olah raga dan lomba seni untuk 43 emas, serta kreatifitas siswa juga termasuk dibidang keagamaan yaitu Pentas PAI dan Pekan Maulid. Sehingga penerima tropy sebanyak 125 orang.
Panselosis hadir sebagai penyemangat dan pengendali serta pelaksanan kegiatan dilapangan untuk kesiswaan tidak lepas dari beberapa kekurangan dalam hal pelaksanaannya, karena tentunya dari seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir masih banyak sisi lemahnya, oleh karena itu, kami dari PANSELOSIS, mohon maaf atas kekuranganya, mohon petunjuk dan pencerahannya, saran serta masukan dari semua pihak agar kegiatan serupa ditahun yang akan datang Insya Allah akan lebih baik.
Sekali lagi PANSELOSIS lahir atas dasar Aura semangat yang ingin memperjuangkan harkat dan martabat siswa siswi Sungai tabuk yang sekaligus adalah peserta didik kita, untuk berjuang mengembangkan minat serta bakat yang dimilikinya untuk tampil berani dan percaya diri ditingkat kabupaten maupun propinsi, bahkan ditingkat nasional sekalipun.
Berikut ini hasil kegiatan dan nama-nama pemenang yang sekaligus akan menerima tropy yang akan diserahkan pada acara Upacara Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2016 di lapangan SD Negeri Sungai Tabuk Keramat 1.

Hasil lomba yang diselenggarakan oleh PANSELOSIS Tingkat SD se – Kecamatan Sungai Tabuk yang meliputi 35 jenis kegiatan lomba dan pertandingan untuk memperebutkan 43 emas dan diikuti oleh 25 dari 31sekolahyang ada di wilayah UPT Pendidikan Kecamatan Sungai Tabuk Kab. Banjar dengan hasil sebagai berikut :

1. MENYANYI TUNGGAL
1 Saidah SDN Pemakuan
2 Nabila Putriani SDN Sungai Tabuk Keramat 1
3 Amelia Sholehah SDN Sungai Lulut 1

2. PIDATO BAHASA INDONESIA.
1 Riski Andini SDN Sungai Lulut 1
2 Revana T A SDN Sungai Tandipah
3 Sukma Azzahra SDN Sungai Tabuk Keramat 1

3. MEMBUAT GAMBAR BERCERITA
1 Ahmad Maulana SDN Sungai Tabuk Keramat 1
2 Herliana Maksit SDN Sungai Lulut 2
3 Ghaitsa Zahra S SDN Sungai Lulut 1

4. LOMBA SENI TARI KREASI BARU
1 Grup SDN Sungai Lulut 1
2 Grup SDN Sungai Lulut 2
3 Grup SDN Pemakuan

5. LOMBA KRIYA ANYAM
1 M. Roni SDN Gudang Hirang 1
2 Mira Fariakni SDN Sungai Lulut 1
3 Ibrahim SDN Pemakuan

6. LOMBA PANTOMIM
1 Akh Busyiri cs SDN Sungai Tabuk Keramat 1
2 Zainuddin cs SDN Pemakuan
3 Fery cs SDN Sungai Lulut 1

7. LOMBA MUSABAQAH TARTILUL QUR’AN
1 M. Badoli SDN Gudang Tengah
2 Salman Al Farisy SDN ST. Kota 2
3 Muhammad Amin SDN Tajau Landung 1

8. PIANIKA
1 Hani Asshufi SDN SungaiLulut 1
2 Nuril Hafizah SDN Sungai Tabuk Keramat 1
3 Safnah SDN GD. Hirang 1

9. CIPTA PUISI
1 Annesa Az zahra SDN Sungai Lulut 1
2 Sofia Maulida SDN ST. Keramat 2
3 Mayada Putri SDN GD. Hirang 1

10. LOMBA CERITA BANJAR
1 Fadillah SDN Gudang Hirang 1
2 Rizki Andini SDN Sungai Lulut 1
3 Nurul Husna SDN SDN Lok Buntar

11. LOMBA SAINS ( MATEMATIKA )
1 Daud yahya SDN Sungai Tabuk Keramat 1
2 Mayadi Putri SDN Gudang Hirang 1
3 Fahriyadi SDN SungaiTabuk Kota 2

12. LOMBA SAINS ( IPA )
1 Jamiah SDN Sungai Tabuk Kota 2
2 Yunar Yandi SDN Tajau Landung
3 Rohana SDN Pejambuan 2

13. LOMBA CALISTUNG ( BACA TULIS )
1 Aila Azizah SDN Gudang Hirang 3
2 Nisa Amelia SDN Gudang Hirang 1
3 Salwa Nurhikmah SDN ST. Keramat 2

14. LOMBA CALISTUNG ( MATEMATIKA )
1. Ahmad Saukani SDN Gudang Tengah
2. Selviana SDN Sungai Tabuk Kota 1
3. Gina Sonia Melani SDN Keramat 2

15. GERAK JALAN
1 Regu SDN Gudang Hirang 3
2 Regu SDN ST. Keramat 1
3 Regu SDN Sungai Lulut 2

16. SENAM
1 Regu SDN Gudang Hirang 3
2 Regu SDN Sungai Tabuk Keramat 1
3 Regu SDN Sungai Tabuk Kota 1
4 Regu SDN Sungai Tabuk Keramat 2
5 Regu SDN Pembantanan 1
6 Regu SDN Pemakuan

17. BOLA VOLI
1 Tim Voli SDN Pematang Panjang
2 Tim Voli SDN Gudang Hirang 3
3 Tim Voli SDN Keliling Benteng Ilir

18. CATUR
1 Riduan SDN Kel.Benteng Ilir
2 Muhammad Fauzi SDN ST. Keramat 2
3 Muhammad Ihsan SDN Paku Alam

19. KARATE
1 M. Raihan SDN ST.Keramat 1
2 Inka Gea Anggraini SDN ST. Keramat 1

20. BULU TANGKIS PUTRA
1 Irpan SDN Pemakuan

21. BULU TANGKIS PUTRI
1 Nazwa Canaya SDN GD. Hirang 1

22. ATLETIK PUTRI
1 Putri Amalia SDN ST. Kota 1
2 Rabiatul Adawiah SDN ST.Kota 2
3 Safitri SDN Pemakuan

23. ATLETIK PUTRA
1 M. Rizki SDN Kel. Benteng Ilir
2 Saipullah SDN Pembantanan
3 Halilurahman SDN Gudang Tengah

24 TARTILUL QUR’AN
PUTRA
1. M. Amin SDN Tajau Landung 1
2. M. Ridho SDN Keliling Benteng Ilir
3. M. Badali SDN Gudang Tengah
PUTRI.
1. Maulidatunnisa SDN udangTengah
2. Eka Ermayanti SDN Pejambuan 1
3. Saidah SDN Pemakuan

25. TAHFIZUL QUR’AN
PUTRA
1. Junaidi Saputra SDN Sungai Lulut 1
2. M. Raihan SDN ST. Keramat 1
3. Ahmad Rifani SDN Paku Alam
PUTRI
1. Gina Azkia SDN Sungai Tabuk Keramat 1
2. Mirna SDN Lok Buntar
3. Nor Baiti SDN Gudang Tengah

26. CERDAS CERMAT
1.Gina Firdayanti SDN Sungai Lulut 1
2 . SDN Gudang Tengah
3.Mayada Putri SDN Gudang Hirang 1

27. SYAIR ISLAMI
PUTRA
1. M. Rizki SDN Sungai Tabuk Keramat 2
2. K a m u SDN Tajau Landung 1
3. Rizali SDN Sungai Tabuk Keramat 1
PUTRI
1. Nor Syifa SDN ST. Keramat 1
2. Rahmi Safitri SDN Sungai Lulut 2
3. Astini SDN Sungai Tandipah

28. TAHSINUL KHAT
PUTRA
1. M. Solihin SDN Sungai Lulut 2
2. Ansori SDN Tajau Landung 2
3. M. Rizky SDN Sungai Tabuk Kota 1
PUTRI
1. Rahayu Sartika SDN Sungai Lulut 1
2. Seri Fitri Salam SDN ST. Keramat 1
3. Huzaifah SDN Gudang Tengah

29. PERAGAAN SHALAT BERJAMA’AH
1. M. Riskannor SDN Sungai Lulut 1
2. Ramana SDN Sungai Tabuk Keramat 1
3. A. Riski Fadhil B SDN Pejambuan 1

30. PUITISASI TERJEMAH AL-QUR’AN
PUTRA
1. Sahrul Gunawan SDN Sungai Lulut 1
2. M. Syahrani SDN Pejambuan 1
3. M. Gunawan SDN Gudang Hirang 4
PUTRI
1. Anggri SDN Sungai Tabuk Kota 2
2. Mayada SDN Gudang hirang 1
3. Raudah SDN Sungai Lulut 1

31. KISAH NABI DAN RASUL
PUTRA
1. M. Fadilah SDN Gudang Hirang 1
2. Wahyu Ade Wardani SDN Sungai Lulut 1
3. Zainuddin SDN Pemakuan
PUTRI
1. Rizki Andini SDN Sungai Lulut 1
2. Rahmi Safitri SDN Sungai Lulut 2
3. Putri Gita Fadila SDN ST. Keramat 1

32. A D Z A N
1. Rido Mukti SDN Sungai Lulut 2
2. M. Alinurrahman SDN Lok Buntar
3. M. Maliki Shahbana SDN Gudang Hirang 1

33. MEWARNAI GAMBAR
PUTRA
1. Nahzurridho SDN Sungai Tabuk Kota 1
2. M. Syahrani SDN Tajau Landung 2
3. M. Andi Fikri M SDN Gudang Hirang 1
PUTRI
1.Emilia SDN Sungai Tabuk Kota 1
2. Nadiyah Afifah SDN ST. Keramat 1
3.Umi Azzahra SDN Sungai Tabuk Keramat 2

34. MTQ
PUTRA
1.M.Zairaji SDN Pembantanan 2
2.M.Ridho SDN Kel. Benteng Ilir
3.Hafi Nursyahbana SDN Gd. Hirang 1
PUTRI
1.Kartika SDN Gd. Hirang 3
2.Saidah SDN Pemakuan
3.Mayada Putri SDN Gd. Hirang 1

35. PIDATO / TAUSYIAH
1.Rizki Andani SDN Sungai Lulut 1
2. Nuruadya Ulhaq SDN Pejambuan 1
3. Revana Tamani Azkia SDN SungaiTandipah


PANSELOSIS

                                                                           Sungai Tabuk, 2 Mei 2016
K e t u a                                                             Sekretaris


SUJONO SANTOSO, S.Pd                    MUHAMMAD JAINI, S.Pd
NIP. 19640629 198503 1 009                     NIP. 19680106 198608 1 001

                                                                                                                                   
                                                                                                                                                                                                                                                                                              
                                                              









Minggu, 24 April 2016

10 TEKNIK RAHASIA MENGELOLA KELAS


INILAH 10 TEKNIK RAHASIA MENGELOLA KELAS MENURUT DR.CAROLINE LINSE KELAS AGAR TIDAK MEMBOSANKAN


Saat menghadapi murid yang usianya masih kecil (misal, SD) pasti kita banyak menghadapi kendala. Mulai dari siswa yang ribut, susah diatur, suka lari-lari di kelas, dan lain-lain.
Hal ini berbeda sekali dengan menghadapi siswa di SMP atau SMA. Mereka biasanya sudah mengerti untuk tetap tertib dan memperhatikan guru. Young learner (kelas rendah) biasanya masih mempunyai fokus perhatian yang cenderung rendah. Mereka tidak bisa lama-lama fokus terhadap suatu hal, karena perhatiannya akan mudah “buyar”. Maka sebagai guru sebaiknya kita mempunyai teknik tersendiri untuk mengontrol kelas. Caroline Linse mengemukakan ada 10 teknik yang bisa kita jadikan referensi.
1. Have a range of activities up your sleve
Maksudnya, sebagai guru kita harus bisa menyiapkan rencana cadangan. Misalnya aktivitas A yang sudah direncanakan ternyata tidak memungkinkanuntuk dijalankan, nah kita harus punya plan B atau plan C. Sehingga kita tetap dapat mengontrol kelas dengan baik.
2. Catch children being good
Guru terlalu sering fokus dengan perilaku buruk buruk dari muridnya, misal saat anak berbuat nakal, pasti guru akan cenderung menyalahkannya. Kadang, guru juga harus bisa memberikan pujian pada anak yang melakukan hal positif. Misalnya, kalau anak berbuat baik, sebaiknya kita memujinya. Terutama saat anak-anak trouble maker dapat berperilaku baik, kita harus langsung memujinya agar perilakunya tetap menjadi baik. Ingat loh, anak suka kalau dipuji! Tapi yang harus diperhatikan juga jangan terlalu sering memuji, apalagi memuji pada satu orang anak saja. Hal ini akan memberikan cap “anak emas” dan kita pasti dinilai pilih kasih.
3. Use affirmative commands
Sering denger kan teori jangan bilang jangan pada anak? Nah ini sama aja kayak gitu. Pemakaian kata positif pada anak memang lebih efektif daripada kata negatif. Misal, guru yang berkata “don’t talk so loudly!”, pasti anak-anak hanya mematuhi untuk beberapa menit. Lain halnya jika guru berkata “please use indoor voice”.konotasi positif akan cenderng dipatuhi oleh anak dibanding konotasi negatif yang justru membuat mereka merasa kurang nyaman.
4. Break down instructions into steps
Dalam memberikan intruksi pada anak, sebaiknya harus jelas dan tidak berbelat-belit. Sebagai guru kita bisa membuat beberapa langakah singkat yang bisa dimengerti anak. Instruksi yang panjang akan membuat mereka kebingungan. Sebaikanya beri instruksi langkah demi langkah dengan kalimat yang to the point. Misalnya sesudah memberik langkah pertama, kita bisa menunggu terlebih dahulu mereka mengerjakannya, jika semua sudah selesai maka dilanjutkan ke langkah berikutnya. Hal ini akan membuat mereka mengerti apa yang harus mereka lakukan dan mengerjakannya dengan baik.
5. Determine clasroom rules with students
Dalam suatu kelas sebaiknya terdapat peraturan yang jelas. Ini juga dapat membantu guru untuk mengontrol kelas karena sudah terpasang peraturan yang sebelumnya sudah disetuji oleh semua siswa. Misalnya peraturan bagi yang ribut atau gaduh akan diberi tanda L . Peraturan yang ada bisa ditempel di dinding kelas agar anak tetap ingat. Selain itu, peraturan yang dibuat juga sebaiknya dalam kalimat positif, misalnya “tertib saat pelajaran” atau “be kind to others”, dll.
6. Take the class temperature often
Sebagai seorang guru kita harus bisa membaca situasi siswa. Sebisa mungkin kita harus bisa “mengukur” keadaan kelas. Jika dilihat anak-anak sudah bosan pada suatu kegiatan, kita bisa memberikan kegiatan yang lain. Hal ini berkaitan dengan poin no.1.
7. Speak in a soft voice
Ketika suasa kelas mulai ramai, sebaiknya kita tidak berteriak agar mereka diam. Hal ini hanya akan membuat mereka diam beberapa saat lalu kembali ribut. Mereka pun akan berpikir, “kalau bu guru berteriak, berarti saya juga boleh berteriak”. Berbicara dengan volume suara yang sedang atau cenderung rendah akan membuat mereka diam dan penasaran dengan apa yang sedang kita bicarakan, sehingga mereka akan mencoba mendengarkan kita dan berhenti ribut.
8. Develop signals to quiet the class
Terkadang kita perlu menggunakan alat bantu untuk mengambil perhatian mereka. Misalnya, lihat di TK, para guru disana sering menggunakan tamborin agar murid mereka fokus. Kita juga bisa menggunakan alat lain yang mengeluarkan bunyi sebagai sinyal untuk mereka fokus. Jika kelas sudah mulai ramai dan ribut, kita bisa mengetuk-ngetuk papan tulis untuk mendapatkan perhatian mereka lagi. Pada anak ABK tunarungu, bisa digunakan isyarat lampu untuk memfokuskan perhatian. Hal ini dilakukan dengan cara menyala-matikan lampu kelas sehingga mereka terfokus pada gurunya.
9. On occasion, be a social engineer
Poin ini adalah salah satu poin yang menarik. Terkadang sebagai seorang guru kita harus bisa menjadi insinyur sosial. Kadang ada anak pendiam dan introvert yang jika berkelompok, tidak ada yang mau sekelompok dengan dia. Sebagai guru, kita harus bisa membuat dia diterima di kelompok. Caranya dengan mempromosikan kelebihannya. Misalnya, “ibu ingin kalian berkelompok dengan Mira karena dia tahu banyak cerita tentang si kancil”. Kalimat promosi tersebut bisa membuat anak lain menjadi membuka pemikirannya dan mulai tertarik untuk berkelompok dengan Mira.
10. Make sure that the punishment fits the crime
Pasti ada saatnya ketika peraturan yang dibuat akan dilanggar oleh siswa. Boleh saja kita menghukum mereka, tetapi dengan hukuman yang cocok dan sesuai dengan kesalahan yang mereka buat. Misalnya saat ada dua orang anak yang berkelahi, hukuman yang bisa kita berikan yaitu dengan memanggil keduanya, lalu menyuruh mereka menuliskan 5 hal baik tentang temannya. Si A harus menulis 5 hal baik tentang si B, dan begitu juga sebaliknya. Hukuman ini akan membuat anak (walaupun dalam keadaan yang saling membenci) berpikir tentang kebaikan yang pernah temannya lakukan.