KUNKER K3S KEC. SUNGAI TABUK
Oleh : SUJONO SANTOSO, S.Pd ( Kepala SD Negeri Pemakuan Kec. Sungai Tabuk )
Mengetahui
Oleh : SUJONO SANTOSO, S.Pd ( Kepala SD Negeri Pemakuan Kec. Sungai Tabuk )
PEMERINTAH KABUPATEN BANJAR
DINAS PENDIDIKAN
KELOMPOK
KERJA KEPALA SEKOLAH
Alamat : Jalan Mtp Lama KM 14 GedungPKG Kecamatan
Sungai Tabuk Kab. banjar
|
Nomor : 01/ Kunker / KKKS/XII/2015
Lampiran : -
Perihal : Laporan Hasil Kunjungan Kerja K3S
Kepada
Yth. Bapak
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Banjar
Di
-
M a r t a p u ra
Dengan Hormat,
Dengan ini kami melaporkan hasil kegiatan Kunjungan
kerja Kelompok Kerja Kepala sekolah (KKKS ) Kecamatan Sungai Tabuk yang telah dilaksanakan
di SDN 4 Tuban Kabupaten Badung Bali selama 4 hari .
Kegiatan ini menjadi modal yang sangat berharga bagi kepala
sekolah dan guru-guru sebagai peserta Study banding karena dapat melihat
langsung bagaimana sekolah berkualitas di
Bali, dapat mengembangkan pendidikannya,
hal ini menjadi inspirasi tersendiri bagi kami untuk lebih meningkatkan
pelayanan pendidikan di sekolah-sekolah
kami yang ada di kecamatan Sungai Tabuk hususnya dan Kabupaten Banjar pada
umumnya, dengan harapan pencapaian hasil yang maksimal.
Sebagai bahan pertimbangan bapak berikut ini secara
rinci kami lampirkan laporkan kegiatan dan foto-foto dokumentasinya selama kami
di SDN 4 Tuban yang telah kami abadikan.
Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian kami
ucapkan terima kasih.
PANITIA KEGIATAN
Sungai tabuk, 30 Desember 2015
K e t u a, Sekretaris,
MARDI
SHALEH, S.Pd H.MASYHOR,
S.Pd
NIP.19630909
1985031 022 NIP.
19620501 198804 1 001
Kepala UPT Pendidikan,
FATHURRAHMAN, MPd
NIP. 19701214 199806 1 002
LAPORAN
KEGIATAN KUNJUNGAN KERJA KEPALA SEKOLAH DALAM KELOMPOK KKKS
KE SDN 4 TUBAN KABUPATEN BADUNG PROPINSI BALI
A.
Nama
Kegiatan
Kunjungan
Kerja / Studi Banding KKKS
B.
Tempat
Kegiatan
1.
SDN 4 Tuban
Kabupaten Badung Propinsi Bali
2. Pantai
3.
Obyek wisata bersejarah
C.
Waktu
Kegiatan
Kegiatan
dilaksanakan selama 4 hari. Dimulai tanggal
18-22 Desember 2015
( Jadwal
Kegiatan terlampir )
D.
Peserta
Kegiatan
Peserta Kegiatan
yaitu Kepala sekolah dan sebagian
Guru-guru serta pengawas dan kepala UPT
Pendidikan Kecamatan Sungai Tabuk yang berjumlah seluruhnya 38 peserta
E.
Tujuan
Kegiatan
1.
Meningkatkan
mutu pendidikan khususnya di SD yang ada di wilayah kecamatan Sungai tabuk
khususnya, dan di kabupaten Banjar pada umumnya
2.
Mencari
contoh pelayanan pendidikan yang berkualitas
3.
Meningkatkan
pelayanan pendidikan kepada peserta didik
4.
Memberikan
pengalaman positif bagi kepala sekolah dan guru serta pengawas sekolah
5.
Menanamkan
keuletan pengabdian sebagai pendidik
6.
Mengembangkan
model Pembelajaran
F.
Sumber
Pembiayaan
Pembiayaan
kegiatan berasal dari murni tabungan pribadi peserta (Kepala sekolah dan guru-guru) pada
program tabungan Study Banding.
G.
Materi Study
Banding
1.
Standar isi
2.
Standar proses
3.
Standar PTK
4.
Standar
pengelolaan
5.
Sarana dan
Prasarana Sekolah
6.
Standar
Pembiayaan
H.
Hasil Yang
Diperoleh
Perbandingan proses belajar mengajar di SDN 4 Tuban
Kabupaten Badung Propinsi Bali masih
lebih baik dibandingkan dengan SD yang ada di kecamatan Saungai Tabuk. (rincian
terlampir berikut)
I.
Penutup
Demikian laporan kegiatan ini kami sampaikan, atas
perhatian kami ucapkan terima kasih.
Lampiran 1
DAFTAR NAMA KEPALA SEKOLAH DAN GURU
PESERTA STUDI BANDING
KE SDN 4 TUBAN KABUPATEN BADUNG
PROPINSI BALI
NO
|
NAMA / NIP
|
JABATAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Fathurrahman,
MPd
NIP. 197012141998061002
|
Kepala UPT
Pendidikan
|
Penanggung
jawab
Kegiatan
|
2.
|
H. Akhmad
Nurdin, S.Pd
NIP.
|
Pengawas
|
Peserta
|
3.
|
Rusmawardi,
S.Pd, MPd
NIP.
|
Pengawas
|
Peserta
|
4.
|
Yanto,
S.Pd
NIP.
|
Pengawas
|
Ketua
panitia
|
5.
|
Hermansyah,
S.Pd
NIP.
|
Pengawas
|
Bendahara
|
6.
|
H. Sulaiman,
S.Pd
NIP.
|
Pengawas
|
Peserta
|
7.
|
Mardi
Shaleh, S.Pd
NIP. 19630909
198503 1 022
|
Kepala
Sekolah
|
Ketua KKKS
|
8.
|
Sujono
Santoso, S.Pd
NIP. 19640629
198503 1 009
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
9.
|
M. Jaini,
S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
10.
|
Darmawi,
S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
11.
|
Mansyah,
S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
12.
|
H. Suriansyah,
S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
13.
|
H. Baderi,
S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
14
|
Hj.
Yuliani, S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
15
|
Rusilawati,
S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
16
|
Rabbani,
S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
17
|
Nor
Ernawati
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
18
|
Taifansyah,
S.Pd
NIP.
|
Plh Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
19
|
H.
Harmain, S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
20
|
Anita
Prihatin, S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
21
|
Lukluk
Ratna Handayani, S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
22
|
H. Ikhsan
Riyadi, S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
23
|
Sodirin,
S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
24
|
M.
Nurdiansyah, A.Ma
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
25
|
Basuni,
S.Pd
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
26
|
Zubaidi,
S.PdI
NIP.
|
Kepala
Sekolah
|
Peserta
|
27
|
Halidah,
S.Pd
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
28
|
Hilis
Herlina, S.Pd
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
29
|
Muhammad
Ja’far, A.Ma
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
30
|
Halifah
Noor, S.Pd
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
31
|
Shafiah,
S.PdI
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
32
|
Isnah,
S.Pd
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
33
|
Norliani,
S.Pd
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
34
|
Hj.
Qorina, S.Pd
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
35
|
H.
Muhammad Thamrin, S.Pd
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
36
|
Hj.
Maimunah, A.Ma
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
37
|
Ali
Sapwani
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
38
|
Mahsumah,
S.PdI
NIP.
|
Guru
|
Peserta
|
Sungai Tabuk, 30 Desember 2015
PANITIA KEGIATAN
K e t u a, Sekretaris,
MARDI
SHALEH,S.Pd MASHOR,
S.Pd
NIP.19630909
198503 1 022 NIP.
19620501 198804 1 001
Lampiran 2
JADWAL KEGIATAN KUNJUNGAN KERJA
KE SDN 4 TUBAN KABUPATEN BADUNG
PROPINSI BALI
NO
|
HARI / TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
TUJUAN
|
KET. KOORDINATOR
|
1
|
Jum’at,
18/12/2015
|
Perjalanan
Kunjungan Kerja
|
Surabaya
|
Semua
Peserta
|
2
|
Sabtu,
19/12/2015
|
Meeting peserta
dengan kepsek dan guru SDN 4 Tuban
|
Silaturahmi,
sharing, tanya jawab, dan foto bersama
|
Ketua K3S
& Kepala Sekolah
|
3
|
Minggu
20/12/2015
|
Kunjungan
wisata
|
Danau
Batur dan Kintamani
|
Pihak
Travel dan K3S
|
4
|
Senin,
21/04/2015
|
Kunjungan
Kerja II
Jam
08.00-12.00
Wisata
Pantai
|
SD Negeri
4 Tuban Kabupaten Badung Prop. Bali
Pantai
Kuta
|
Ketua K3S, Kepsek, Guru, Pengawas, dan Ka UPT
|
5
|
Selasa,
22/12/2015
|
Kunjungan
Kerja III
Jam
08.00-12.00
Wisata
Pantai dan Pusat Oleh-oleh
|
SD Negeri
4 Tuban Kabupaten Badung Prop. Bali
Tanah Lot,
Hawai, Krisna, dan Doger
|
Ketua K3S,
Kepsek, Guru, Pengawas, dan Ka UPT
|
6
|
Selasa
22/12/2015
Siang
|
Perjalanan
Menuju Surabaya
|
Kerajinan
Kulit Tanggulangin Sidoarjo Surabaya
|
Ketua K3S,
Kepsek, Guru, Pengawas, dan Ka UPT
|
7
|
Selasa,
22/12/2015
Malam
|
Cek in di
Bandara Juanda Surabaya
|
Bandara Syamsudin
Noor Banjarmasin
|
Koord.
Kegiatan
|
Sungai tabuk,
30 Desember 2015
PANITIA KEGIATAN
K e t u a, Sekretaris,
MARDI
SHALEH, S.Pd MASHOR,
S.Pd
NIP.19630909
198503 1 022 NIP.
19620501 198804 1 001
Mengetahui
Kepala UPT Pendidikan
FATHURRAHMAN, MPd
NIP. 19701214 199806 1 002
Lampiran 3
URAIAN KEGIATAN KUJUNGAN KERJA
PENDIDIKAN
A. Kegiatan
Hari Sabtu, 19 Desember 2015
No
|
U r a i a
n
|
Kondisi
|
Implementasi
|
1.
|
Melaksanakan
kegiatan Kunjungan Kerja dan sharing tentang pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 4
Tuban Kabupaten Badung Propinsi Bali.
Hasil yang
diperoleh adalah:
-
Pengetahuan
tentang standar proses , standar isi, standar keuangan, standar pengelolaan
dll. Serta guru melaksanakan pembelajaran
dengan menggunakan IT.
-
Administrasi
kelas yang sangat baik,
-
Sarana dan
prasarana yang sangat menunjang
-
Adanya
ruang pembelajaran computer, internet, perpustakaan, ruang ibadah untuk guru
dan siswa
-
Dorongan
peningkatan mutu pendidikan bagi guru sampai ke taraf nasional.
-
Mempunyai
Patnershiip dengan sekolah yang lebih baik di daerah Denpasar.
-
Adanya
perhatian Dinas Pendidikan setempat yang sangat baik.
-
Adanya
dukungan orang tua
-
Peran
komite sekolah memberi konstribusi positif bagi sekolah.
|
Sangat
baik
|
Semua
pihak yang terlibat dalam pendidikan dapat berjalan, sehingga mutu pendidikan
yang dihasilkan juga membanggakan.
|
Rekomendasi
: Untuk seluruh SD Negeri yang ada di Kecamatan Sungai Tabuk
1. Peningkatan
pengetahuan mutu guru
2. Diperlukan
adanya pembangunan ruang perpustakaan, computer, internet, ibadah dan
koperasi sekolah
3. 2 . .Diperlukan
Sarana prasarana /alat-alat IT seperti Infokus layar monitor dan computer
sebagai sarana pendidikan.
4. 3.
Meningkatkan kerjasama sekolah dengan komite sekolah
5. Perhatian
yang lebih serius Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar kepada sekolah yang ingin berkembang
khususnya SDN yang ada di kecamatan Sungai Tabuk
|
|||
Dokumentasi Kegiatan
Kepala Sekolah SDN 4 Tuban ( Ibu Ni Made Sarjani,S.Pd) bersama Ketua K3S
dan Kepala Sekolah lainya beserta Ka
UPT Pendidikan Kecamatan Sungai Tabuk saat acara Penyerahan bingkisan
kenang-kenangan dari K3S untuk kepala Sekolah SDN 4 Tuban Badung Bali
|
B. Kegiatan Hari Minggu, 20 Desember 2015
No
|
U r a i a
n
|
Kondisi
|
Implementasi
|
1.
|
Melaksanakan
kegiatan Wisata pantai dan Danau yakni Danau Batur dan Kintamani
Hasil yang
diperoleh adalah:
Peserta
sangat terkesan dengan pemandangan alam dan sumber daya alam yang masih asli
tanpa ada eksplorasi dari tangan manusia yang tak bertanggung jawab
-
|
Sangat
baik, pemandangan yang menarik, hawa yang sejuk, dan kehidupan pedesaan yang
masih alami dan asri dengan pegunungan yang banyak ditanami tanaman yang
bermanfaat yakni buah-buahan
|
|
Rekomendasi
Untuk SD Negeri
yang ada di kec. Sungai Tabuk
a. Memberikan
pendidikan cinta alam dan pelestarian lingungan hidup, jangan buang sampah
sembarangan serta selalu menghargai dan mencintai hasil karya dan hasil kebun
yang ditanam oleh para petani dengan cara tidak merusak dan mencuri milik
orang lain
|
|||
Dokumentasi
Ka UPT, Kepala Sekolah dan Guru-guru serta pengawas saat mengunjungi daerah atau obyek wisata
danau Batur dan Kintamani diatas pegunungan dengan hawa yang cukup sejuk
|
C. Kegiatan Hari Senin, 21 Desember 2015
No
|
U r a i a
n
|
Kondisi
|
Implementasi
|
1.
|
Pkunjungan
kerja II di SDN 4 Tuban dengan penjelasan oleh kepala sekolah tentang :
PPenerapan
nilai-nilai agama yang sangat baik.
-
Pengetahuan
tentang proses pembelajaran menggunakan IT.
-
Administrasi
kelas yang sangat baik dengan menggunakan IT.
-
Sarana dan
prasarana yang sangat menunjang
-
Adanya
ruang pembelajaran computer, internet, perpustakaan, ibadah untuk guru dan
siswa
-
Dorongan
peningkatan mutu pendidikan bagi guru sampai ke nasional, meskipun
prestasinya baru tingkat propinsi
-
Mempunyai
Patnershiip dengan sekolah Kota Denpasar yang cukup baik.
-
Adanya
perhatian Dinas Pendidikan setempat yang sangat baik.
-
Keterlibatan
orang tua murid dalam proses pendidikan sangat besar
-
Peran
komite sekolah memberi konstribusi positif bagi sekolah.
|
Sangat baik, pembelajaran pendidikan agama
,dimungkinkan untuk lebih menghargai dan toleransi pada pemeluk agama lain
|
Semua
pihak yang terlibat dalam pendidikan dapat berjalan. Sehingga mutu pendidikan
yang dihasilkan juga membanggakan. Dan lebih diarahkan kepala praktik
lapangan dalam hal kegiatan keagamaan
|
Rekomendasi:
Untuk SD Negeri
yang ada di kecamatan sungai tabuk
a. Diperlukan
adanya perhatian lebih kepada siswa.
b. mengajak
siswa mengunjungi tempat-tempat bersejarah sebagai tambahan pengetahuan baru.
Pe meningkatan pengetahuan mutu guru
b. Diperlukan
adanya pembangunan ruang perpustakaan, computer, internet, ibadah dan
koperasi sekolah
c. Diperlukan
Alat-alat IT seperti Infokus layar monitor dan computer sebagai sarana
pendidikan.
d. Meningkatkan
kerjasama sekolah dengan komite sekolah
e. Perhatian
yang lebih serius Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar
c. Diperlukan
media-media/alat peraga gambar peninggalan bersejarah dalam proses
pembelajaran dikelas.
d. Perhatian
yang lebih serius Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar
|
D. Kegiatan Hari Selasa, 22 Desember
2015
No
|
U r a i a
n
|
Kondisi
|
Implementasi
|
1.
|
Pkunjungan
kerja III di SDN 4 Tuban dengan penjelasan oleh kepala sekolah tentang :
PPenerapan
pengelolaan keuangan, sarana prasarana, serta yang beraitan dengan
standar isi dan proses yang ada di SDN 4 Tuban sangat baik.
-
Standar
proses pembelajaran dan standar isi sangat baik, dengan menggunakan kurikulum
13 serta dalam proses pembelajaran guru selalu menggunakan IT.
-
Administrasi
kelas yang sangat baik dan pengelolaanya dilakukan guru dengan menggunakan
IT.
-
Sarana dan
prasarana yang sangat menunjang, keuangan yang sangat mendukung baik dari
pemerintah pusat, propinsi maupun orang tua siswa yang dikelola oleh komite
yang cukup berperan aktif
|
baik
|
Penerapan
pendidikan yang dilaksanakan di SDN 4 Tuban Badung Bali
Sangat
terstruktur dan memiliki dokumen lengkap. Diharapkan di kecamatan Sungai
Tabuk dapat menerapkan apa yang di lihat dan dimiliki sekolah tersebut
|
Rekomendasi
:
Untuk SD Negeri
di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten banjar
Perlu
sosialisasi tentang peran komite sekolah dalam menunjang kegiatan pembelajaran yang memerlukan dana besar
a. Diperlukan pendidikan dan
latihan bagi para guru yang masih belum menguasai IT, dan diadakan pelatihan atau in house
training dalam mengejar ketinggalan dalam bentuk workshop ataupun KKG mini
c. Diperlukan
media/alat peraga gambar dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
d.
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga
kegiatan pelaksanaan program kunjungan kerja
di SD Negeri 4 Tuban Kabupaten Badung Propinsi Bali dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan
rencana.
Program kunjungan kerja
K3S bagi pendidik dan Kepala sekolah dasar ke Badung Bali merupakan salah satu
program KKKS Kecamatan sungai Tabuk Kabupaten Banjar dalam rangka membekali, memperkaya
dan menambah wawasan pendidik dan kepala sekolah dasar selama berada di
Denpasar Bali.
Dengan
demikian, pembangunan pendidikan nasional perlu diarahkan pada peningkatan
martabat manusia secara holistik, yang memungkinkan ketiga dimensi kemanusiaan
paling mendasar dapat berkembang secara optimal. Oleh karena itu, lembaga
pendidikan seyogianya menjadi wahana strategis bagi upaya pengembangan segenap
potensi individu, termasuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan bagi
peserta didik, yang menjadi landasan penting bagi upaya memelihara persatuan
dan kesatuan bangsa dalam kerangka menyeimbangkan karakter putra-putri peserta
didik di kecamatan Sungai tabuk Kab. banjar dalam naungan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI), sehingga cita-cita membangun manusia Indonesia
seutuhnya dapat tercapai.
Apabila dalam pelaksanaan kegiatan kunjungan ada
hal-hal yang kurang berkenan, kami mohon maaf sebesar-besarnya, dan kami sangat
mengharapkan saran dan kritik membangun demi perbaikan di masa yang akan datang.
Atas partisipasi semua pihak yang terkait dalam
kegiatan pelaksanaan program kunjungan kerja bagi kepala sekolah, yang
tergabung dalam wadah K3S ini atau
peserta dari guru SD yang ada di kecamatan Sungai tabuk,dan para pengawas,
serta Ka UPT yang telah membimbing kami dalam perencanaan, pelaksanaan sampai
kami menyelesaikan laporan ini, kami ucapkan terima kasih.
Sungai
Tabuk, 30 Desember 2015
Penyusun,
A. LATAR BELAKANG
Kunjungan kerja biasa dilakukan untuk maksud peningkatan mutu
pendidikan, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru,
perbaikan peraturan perundangan, dan lain-lain, kegiatan kunjungan kerja dilakukan
oleh K3S Kecamatan Sungai Tabuk bertujuan untuk mengunjungi atau menemui
sekolah tertentu yang sudah disiapkan dan berlangsung dalam waktu relatif
singkat. Intinya adalah untuk membandingkan kondisi sekolah di tempat lain
dengan kondisi sekolah yang ada Kecamatan Sungai tabuk khususnya. Hasilnya
berupa kumpulan data dan informasi sebagai bahan acuan dalam perumusan
konsep yang di inginkan.
Kunjungan kerja merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah
wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih
baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan pendidikan
untuk suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya.
Dalam kunjungn kerja yang dilaksanakan oleh KKKS Kecamatan Sungai tabuk hendaknya melihat semua aspek positif yang ada
pada tempat tujuan , mulai dari kegiatan PBM, sarpras, pengelolaan, pembiayaan,
dan kesiswaan, dll. Pengetahuan – pengetahuan yang di peroleh di lokasi sekolah
yang dikunjungi tentunya di harapkan
akan mampu menjadi informasi dan cerminan dalam rangka mewujudkan
program-program prioritas yang sudah di canangkan oleh Kelompok Kerja Kepala
sekolah ( KKKS ) Kecamatan Sungai Tabuk Kab. Banjar.
Proram kunjungan kerja kali ini diadakan di Kota Denpasar Bali , yakni di SD Negeri 4
Tuban Kabupaten Badung Bali, kebetulan lokasinya dekat dengan bandara Ngurah
rai Bali. Kami mengunjungi SD Negeri 4 Tuban dan selanjutnya kunjungan hari
hari berikutnya wisata ke pantai. Kunjungan kerja di dikuti oleh 32 peserta
kepala sekolah dan guru serta 5 pengawas, dan 1 kepala UPT. Demi kelancaran
kegiatan tersebut pihak KKKS Sungai Tabuk bekerja sama dengan travel Intan
dan selaku penanggung jawab semua fasilitas yang dibutuhkan , mulai
dari transfortasi darat, transportasi penyeberangan fery , transportasi udara
sampai ke tempat penginapan atau hotel.
A. MAKSUD DAN
TUJUAN KEGIATAN
.a. MAKSUD KEGIATAN
Kegiatan kunjungan kerja ini dinilai amat penting
mengingat konsep dan pelaksanaan kebijakan satuan pendidikan sekolah dasar di Sungai Tabuk justru masih
relatif memerlukan pemahaman, oleh karena itu maka masih diperlukan
pengetahuan lebih dini terhadap praktik kegiatan pembelajaran (best practise)
maupun praktik yang mungkin terjadi penyimpangan atau kekeliruan dalam
pelaksanaan pembelajaran dilapangan. Hasil kegiatan kunjungan kerja ini
di harapkan akan dapat menjadi bahan pemikiran dan sekaligus masukan untuk
perbaikan mutu pendidikan khususnya di kecamatan Sungai tabuk dimasa yang akan datang.
.b TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dasar dari kunjungan kerja ini yaitu belajar
pada sekolah lain yang telah maju dalam penerapan pendidikan dan penerapan
aturan yang berkaitan dengan kedinasan, sehingga warga sekolah di daerah itupun
sejahtera dan maju. Dan untuk kami sendiri sebagai kepala sekolah dan guru-guru
agar menjadi bahan acuan untuk melangkah
kemasa depan dengan maksud lebih baik lagi dengan niat merubah mind set kami
dan mengembangkan satuan pendidikan di tempat kami dalam melaksanakan arah
kemasa dalam mencerdaskan anak didiknya
D.
PELAKSANAAN KEGIATAN
Tepatnya pada hari Sabtu Jam 16 wita Rombongan Kami tiba di SD Negeri 4
Tuban Kabupaten Badung Propinsi Bali, setelah menempuh perjalanan sekitar 12
jam lebih dari Kota Surabaya. Rasa lelah
terobati setelah kami tiba dan di sambut oleh kepala sekolah dan dewan
guru SDN 4 Tuban Bali. Meskipun sedikit
mengalami keterlambatan, tapi rasa sabar dari Kepala sekolah dan dewan
guru tetap dengan senang menunggu
kedatangan kami, mereka sangat maklum dengan keadaan ini karena perjalanan yang
cukup jauh dengan lalu lintas yang ramai membuat kemacetan terjadi dimana-mana.
Adalah SD Negeri 4 Tuban Kabupaten Badung Propinsi Bali tujuan kami untuk melakasanakan kunjungan
kerjanya disana. Kami menentukan SDN 4 Tuban karena disamping suasana sekolah
dekat dengan Bandara Ngurahrai , sekolah tersebut cukup baik untuk dikunjungi karena
banyak memiliki fasilitas dan sarana prasarana yang cukup memadai, serta pengelolaan keuangan yang didapatkan cukup baik, karena
sumber pendanaanya didukung dari beberapa komponen.
E.WAKTU DAN TEMPAT
Tepat pukul 16.00 kami disambut dan dipersilakan masuk
ke ruangan yang memang telah disediakan. Kepala sekolah SDN 4 Tuban langsung
menyampaikan sambutan penerimaan dan juga tentang keadaan sekolahnya, disamping
informasi yang disampaikan kepala sekolah juga mempersilahkan para peserta
untuk bertanya jawab seputar apa yang di sampaikan,antusias dari perserta
ternyata luar biasa, ada beberapa kepala sekolah dan juga guru langsung
menanyakan seputar keadaan sekolah yang berkaitan dengan 6 standar diatarnya
standar pengelolaan , keuangan, sarpras dan lain sebagainya. Jawaban dari
kepala sekolah cukup membuat kami bangga, karena pemerintah daerah di Badung
Bali benar-benar memperhatikan masalah pendidikan, Bahkan pengurus komite
sekolah pun sangat berperan dalam ikut serta membantu dalam mengembangkan bidang
pendidikan.
F.
PELAKSANAAN EDS
Untuk pelaksanaan EDS, SDN 4 Tuban Badung Bali membentuk Tim Pengembang Sekolah yang terdiri dari unsur Kepala Sekolah, Pengawas, Guru, Komite, dan orang tua
siswa. EDS di sekolah ini mulai dilaksanakan pada bulan Pebruari tahun 2011
dengan tahapan yang meliputi rapat koordinasi, implementasi EDS, monitoring
pelaksanaan EDS, dan review hasil EDS oleh sekolah untuk selanjutnya dilakukan tindak lanjut dengan mendapat
dukungan dari pihak sekolah antara lain pengadaan beberapa jenis sarana.
Bagi SDN 4
Tuban Badung Bali, EDS merupakan
proses yang seiring dan sejalan dengan akreditasi sekolah dan sertifikasi ISO karena dalam pelaksanaannya
memiliki tahapan yang serupa antara lain dalam hal pendokumentasian, bukti
fisik, serta penentuan kategori kondisi sekolah. Dengan demikian EDS sangat
menunjang proses peningkatan mutu sekolah karena berfungsi sebagai
alat self control dan sebagai alat yang
menyediakan data untuk pelaksanaan continoual
improvement.
Tim Pengembang
Sekolah yang dibentuk di SDN 4 Tuban Badung Bali terdiri dari Penanggung Jawab, Ketua, Sekretaris,
Bendahara, Anggota, dan Penanggung jawab Standar Nasional Pendidikan dengan
jumlah personil
seluruhnya 22 orang.
Setelah memperoleh penjelasan tentang EDS melalui tahap sosialisasi, TPS
melaksanakan EDS dengan mengidentifikasi kondisi sekolah dibandingkan dengan
Indikator Kunci per Standar Nasional Pendidikan untuk kemudian dilaporkan dalam
bentuk Laporan EDS kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Badung.
Beberapa hal tentang kondisi sekolah SDN 4
Tuban Badung Bali sebelum, selama, dan sesudah proses EDS dikemukakan sebagai
berikut:
a. sebelum
melaksanakan EDS, SDN 4 Tuban Badung Bali merasakan situasi yang pasif karena para warga
sekolah khususnya para guru tidak memiliki inisiatif untuk melakukan kinerja
yang lebih baik, selain itu para guru belum memahami SNP sebagai tolok ukur
pencapaian mutu sekolah. Kondisi lainnya adalah kurang optimalnya pelaksanaan
dokumentasi sehingga menyulitkan untuk diakses saat diperlukan, hal tersebut
dipengaruhi pula oleh kerja tim sekolah yang masih lemah. Berkaitan dengan
pembelajaran, sebelum EDS ditemukan bahwa metode mengajar masih bersifat konvensional.
b. Selama
melaksanakan EDS terutama pada tahap awal, tim pengembang sekolah SDN 4 Badung
Bali merasakan kebingungan, tidak tahu
apa yang harus dilakukan atau didahulukan dan merasa tidak yakin apakah sekolah
dapat melaksanakan EDS, selain itu sekolah juga merasa bahwa EDS merupakan
beban tambahan pekerjaan dan merasa tidak yakin dengan akan adanya perhatian
atau bantuan dana dari pihak Dinas Pendidikan Kabupaten. Namun kemudian dengan
komitmen yang dibangun oleh TPS dan sejalan dengan adanya pemahaman bahwa SNP
merupakan tolok ukur kualitas sekolah, maka sekolah meyakini bahwa EDS
merupakan awal keberhasilan peningkatan mutu sekolah. Dengan demikian, pada
tahap berikutnya terjalin kekompakan dan kerja sama yang semakin baik didorong
semangat ingin belajar dan ingin ada perubahan menuju perbaikan. Dengan kata
lain, bagi sekolah, EDS menjadi suatu KEBUTUHAN.
c. Sesudah
melaksanakan EDS
Beberapa manfaat yang
dirasakan setelah SDN 4 Tuban Badung Bali melaksanakan EDS adalah sebagai berikut; (1) Program-program sekolah dapat
dilaksanakan dengan lancar, fokus dan terarah, (2) Meningkatnya kuantitas
program yang dapat diselesaikan, (3) Sekolah semakin mengetahui kelemahan dan
keunggulan sekolah sehingga dapat mengambil tindakan perbaikan sesuai dengan
kebutuhan , hal tersebut pula yang memudahkan pembuatan RPS beserta pelaksanaannya. Berdasarkan hal-hal
tersebut maka dapat dikatakan bahwa kinerja sekolah semakin baik.
d. Kendala
Di tengah keberhasilan pelaksanaan EDS, di
SDN 4 Badung Bali terdapat beberapa kendala yaitu antara lain (a) masih ada satuan Pendidikan yang melakukan Evaluasi
Diri belum sesuai dengan tujuan EDS hal ini berkaitan dengan
kategori yang sudah dimilki yaiotu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, (b)
RKS & RKAS
yang disusun sebagian satuan pendidikan belum berbasis EDS, dan (c) Hasil Analisis menunjukan bahwa
banyak permasalahan yang
terletak pada kompetensi guru.
Berdasarkan penjelasan tentang pelaksanaan
EDS di sekolah yang menjadi objek studi banding dan pelaksanaan EDK di Dinas Pendidikan Kabupaten Badung dapat
diungkapkan bahwa pelaksanaan EDS di seluruh sekolah atau semua jenjang
merupakan prestasi kerja yang dapat dibanggakan. Beberapa hal yang merupakan
keunggulan pada prestasi ini adalah adanya komitmen yang kuat dari seluruh stakeholder.
Komitmen ini dibangun karena kuatnya
pemahaman tentang pentingnya peningkatan mutu dan hal ini tidak lepas dari
adanya kebijakan Dinas Pendidikan yang “menekan” dan mengkoordinasikan semua
stakeholder sehingga sebagian besar satuan pendidikan dapat melaporkan hasil
EDS untuk dapat dianalisis dan pada akhirnya TPK dapat menyusun peta pendidikan
di Kabupaten.
KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
A. Kesimpulan
Keberhasilan pelaksanaan EDS sangat
memerlukan komitmen, kerjasama, dan koordinasi yang tinggi pada semua stake
holder (Kepala Sekolah, TPS, Pengawas, TPK, dan Kepala Dinas Pendidikan beserta
jajarannya) dengan didasaari rasa tanggung jawab terhadap peningkatan dan
penjaminan mutu pendidikan.
B. Rekomendasi
Mengingat penting dan bermafaatnya kunjungan
kerja ini maka kegiatan
serupa diharapkan terus berlanjut terlebih lagi untuk pihak dinas pendidikan
kabupaten/kota yang memiliki tanggung jawab dalam proses penjaminan mutu
pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Dan harapan kami bahwa
kegiatan kunjungan kerja ini selalu mendapatan dukungan dari Dinas Pendidikan
Kab. Banjar, agar program yang telah tersusun
dan terjadwalkan pasti akan terlaksana dengan baik. Dan penyelenggaraan
pendidikan di kecamatan Sungai Tabuk khususnya serta Kabupaten banjar umumnya
akan maksimal karena mendapatkan pengalaman dan masukan dari daerah lain serta tingkat pemahaman guru-gurunya akan lebih baik
lagi sesuai dengan harapan kita bersama.
DAFTAR HADIR
KEGIATAN KUNJUNGAN KERJA
KE SDN 4 TUBAN BADUNG PROPINSI BALI
NO
|
NAMA/NIP
|
PARAF
|
KET
|
|||
TANGGAL
|
||||||
19/12
|
20/12
|
21/12
|
22/12
|
|||
1
|
Fathurrahman,
MPd
NIP.
197012141998061002
|
|||||
2
|
H. Akhmad
Nurdin, S.Pd
NIP.
|
|||||
3
|
Rusmawardi,
S.Pd, MPd
NIP.
|
|||||
4
|
Yanto,
S.Pd
NIP.
|
|||||
5
|
Hermansyah,
S.Pd
NIP.
|
|||||
6
|
H.
Sulaiman, S.Pd
NIP.
|
|||||
7
|
Mardi
Shaleh, S.Pd
NIP.
19630909 198503 1 022
|
|||||
8
|
Sujono
Santoso, S.Pd
NIP.
19640629 198503 1 009
|
|||||
9
|
M. Jaini,
S.Pd
NIP.
|
|||||
10
|
Darmawi,
S.Pd
NIP.
|
|||||
11
|
Mansyah,
S.Pd
NIP.
|
|||||
12
|
H.
Suriansyah, S.Pd
NIP.
|
|||||
13
|
H. Baderi,
S.Pd
NIP.
|
|||||
14
|
Hj.
Yuliani, S.Pd
NIP.
|
|||||
15
|
Rusilawati,
S.Pd
NIP.
|
|||||
16
|
Rabbani,
S.Pd
NIP.
|
|||||
17
|
Nor
Ernawati
NIP.
|
|||||
18
|
Taifansyah,
S.Pd
NIP.
|
|||||
19
|
H.
Harmain, S.Pd
NIP.
|
|||||
20
|
Anita
Prihatin, S.Pd
NIP.
|
|||||
21
|
Lukluk
Ratna Handayani, S.Pd
NIP.
|
|||||
22
|
H. Ikhsan
Riyadi, S.Pd
NIP.
|
|||||
23
|
Sodirin,
S.Pd
NIP.
|
|||||
24
|
M.
Nurdiansyah, A.Ma
NIP.
|
|||||
25
|
Basuni,
S.Pd
NIP.
|
|||||
26
|
Zubaidi,
S.PdI
NIP.
|
|||||
27
|
Halidah,
S.Pd
NIP.
|
|||||
28
|
Hilis
Herlina, S.Pd
NIP.
|
|||||
29
|
Muhammad
Ja’far, A.Ma
NIP.
|
|||||
30
|
Halifah
Noor, S.Pd
NIP.
|
|||||
31
|
Shafiah,
S.PdI
NIP.
|
|||||
32
|
Isnah,
S.Pd
NIP.
|
|||||
33
|
Norliani,
S.Pd
NIP.
|
|||||
34
|
Hj.
Qorina, S.Pd
NIP.
|
|||||
35
|
H.
Muhammad Thamrin, S.Pd
NIP.
|
|||||
36
|
Hj.
Maimunah, A.Ma
NIP.
|
|||||
37
|
Ali
Sapwani
NIP.
|
|||||
38
|
Mahsumah,
S.PdI
NIP.
|
PANITIA KEGIATAN
K e t u a, Sekretaris,
MARDI SHALEH, S.Pd MASHOR, S.Pd
NIP. 19630909 198503 1 022 NIP. 19620501 198804 1 001
Mengetahui
Kepala UPT Pendidikan
FATHURRAHMAN, MPd
NIP. 19701214 199802 1 002
Silakan anda Download disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar