SELAMAT DATANG

JIKA BLOG INI MEMUASKAN BERITAHUKAN PADA ORANG BANYAK, TAPI JIKA BLOG INI MENGECEWAKAN BERITAHUKAN PADA KAMI ( SUJONO SANTOSO, S.Pd )

Senin, 25 Januari 2016

KUNJUNGAN KERJA K3S KE SDN 4 TUBAN KAB. BADUNG BALI

KUNKER K3S KEC. SUNGAI TABUK
Oleh : SUJONO SANTOSO, S.Pd                  ( Kepala SD Negeri Pemakuan Kec. Sungai Tabuk )




PEMERINTAH KABUPATEN BANJAR
DINAS PENDIDIKAN
KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH
Alamat  : Jalan Mtp Lama KM 14 GedungPKG Kecamatan Sungai Tabuk Kab. banjar

Nomor            : 01/ Kunker /  KKKS/XII/2015
Lampiran       : -
Perihal           : Laporan Hasil Kunjungan Kerja K3S

        Kepada
Yth. Bapak Kepala Dinas Pendidikan
        Kabupaten  Banjar
        Di  -
             M a r t a p u ra

Dengan Hormat,
Dengan ini kami melaporkan hasil kegiatan Kunjungan kerja Kelompok Kerja Kepala sekolah (KKKS ) Kecamatan Sungai Tabuk yang telah dilaksanakan di SDN 4 Tuban Kabupaten Badung Bali selama 4 hari .
Kegiatan ini menjadi modal yang sangat berharga bagi kepala sekolah dan guru-guru sebagai peserta Study banding karena dapat melihat langsung  bagaimana sekolah berkualitas di  Bali, dapat mengembangkan pendidikannya, hal ini menjadi inspirasi tersendiri bagi kami untuk lebih meningkatkan pelayanan pendidikan  di sekolah-sekolah kami yang ada di kecamatan Sungai Tabuk hususnya dan Kabupaten Banjar pada umumnya, dengan harapan pencapaian hasil yang maksimal.
Sebagai bahan pertimbangan bapak berikut ini secara rinci kami lampirkan laporkan kegiatan dan foto-foto dokumentasinya selama kami di SDN 4 Tuban yang   telah kami abadikan.
Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian kami ucapkan terima kasih.

PANITIA KEGIATAN

  Sungai tabuk, 30  Desember 2015

K e t u a,                                                                    Sekretaris,


MARDI SHALEH, S.Pd                                              H.MASYHOR, S.Pd
NIP.19630909 1985031 022                                      NIP. 19620501 198804 1 001

                                                                      Mengetahui
Kepala UPT Pendidikan,


FATHURRAHMAN, MPd
       NIP. 19701214 199806 1 002


LAPORAN
KEGIATAN KUNJUNGAN KERJA KEPALA SEKOLAH DALAM KELOMPOK KKKS
KE SDN 4 TUBAN KABUPATEN BADUNG PROPINSI BALI



A.      Nama Kegiatan
Kunjungan Kerja  / Studi Banding KKKS

B.      Tempat Kegiatan
1.      SDN 4 Tuban Kabupaten Badung Propinsi Bali
2.     Pantai
3.      Obyek  wisata  bersejarah

C.      Waktu Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari. Dimulai tanggal  18-22 Desember 2015
( Jadwal Kegiatan terlampir )

D.     Peserta Kegiatan
Peserta Kegiatan yaitu  Kepala sekolah dan sebagian Guru-guru  serta pengawas dan kepala UPT Pendidikan Kecamatan Sungai Tabuk yang berjumlah seluruhnya 38 peserta

E.      Tujuan Kegiatan
1.      Meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SD yang ada di wilayah kecamatan Sungai tabuk khususnya, dan di kabupaten Banjar pada umumnya
2.      Mencari contoh pelayanan pendidikan yang berkualitas
3.      Meningkatkan pelayanan pendidikan kepada peserta didik
4.      Memberikan pengalaman positif bagi kepala sekolah dan guru serta pengawas sekolah
5.      Menanamkan keuletan pengabdian sebagai pendidik
6.      Mengembangkan model Pembelajaran

F.      Sumber Pembiayaan
Pembiayaan kegiatan berasal dari murni tabungan pribadi  peserta (Kepala sekolah dan guru-guru) pada program tabungan  Study Banding.


G.      Materi Study Banding
1.      Standar isi
2.      Standar proses
3.      Standar PTK
4.      Standar pengelolaan
5.      Sarana dan Prasarana Sekolah
6.      Standar Pembiayaan

H.     Hasil Yang Diperoleh
Perbandingan proses belajar mengajar di SDN 4 Tuban Kabupaten Badung Propinsi  Bali masih lebih baik dibandingkan dengan SD yang ada di kecamatan Saungai Tabuk. (rincian terlampir berikut)

I.        Penutup
Demikian laporan kegiatan ini kami sampaikan, atas perhatian  kami ucapkan terima kasih.


Lampiran       1

DAFTAR NAMA KEPALA SEKOLAH DAN GURU PESERTA STUDI BANDING
KE SDN 4 TUBAN KABUPATEN BADUNG PROPINSI  BALI
NO
NAMA / NIP
JABATAN
KETERANGAN
1.
Fathurrahman, MPd
NIP. 197012141998061002
Kepala UPT Pendidikan
Penanggung jawab
Kegiatan
2.
H. Akhmad Nurdin, S.Pd
NIP.
Pengawas
Peserta
3.
Rusmawardi, S.Pd, MPd
NIP.
Pengawas
Peserta
4.
Yanto, S.Pd
NIP.
Pengawas
Ketua panitia
5.
Hermansyah, S.Pd
NIP.
Pengawas
Bendahara
6.
H. Sulaiman, S.Pd
NIP.
Pengawas
Peserta
7.
Mardi Shaleh, S.Pd
NIP. 19630909 198503 1 022    
Kepala Sekolah
Ketua KKKS
8.
Sujono Santoso, S.Pd
NIP. 19640629 198503 1 009
Kepala Sekolah
Peserta
9.
M. Jaini, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
10.
Darmawi, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
11.
Mansyah, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
12.
H. Suriansyah, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
13.
H. Baderi, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
14
Hj. Yuliani, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
15
Rusilawati, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
16
Rabbani, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
17
Nor Ernawati
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
18
Taifansyah, S.Pd
NIP.
Plh Kepala Sekolah
Peserta
19
H. Harmain, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
20
Anita Prihatin, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
21
Lukluk Ratna Handayani, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
22
H. Ikhsan Riyadi, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
23
Sodirin, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
24
M. Nurdiansyah, A.Ma
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
25
Basuni, S.Pd
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
26
Zubaidi, S.PdI
NIP.
Kepala Sekolah
Peserta
27
Halidah, S.Pd
NIP.
Guru
Peserta
28
Hilis Herlina, S.Pd
NIP.
Guru
Peserta
29
Muhammad Ja’far, A.Ma
NIP.
Guru
Peserta
30
Halifah Noor, S.Pd
NIP.
Guru
Peserta
31
Shafiah, S.PdI
NIP.
Guru
Peserta
32
Isnah, S.Pd
NIP.
Guru
Peserta
33
Norliani, S.Pd
NIP.
Guru
Peserta
34
Hj. Qorina, S.Pd
NIP.
Guru
Peserta
35
H. Muhammad Thamrin, S.Pd
NIP.
Guru
Peserta
36
Hj. Maimunah, A.Ma
NIP.
Guru
Peserta
37
Ali Sapwani
NIP.
Guru
Peserta
38
Mahsumah, S.PdI
NIP.
Guru
Peserta

Sungai Tabuk, 30 Desember 2015

PANITIA KEGIATAN  
K e t u a,                                                                                Sekretaris,



MARDI SHALEH,S.Pd                                                        MASHOR, S.Pd
NIP.19630909 198503 1 022                                             NIP. 19620501 198804 1 001


Lampiran       2

JADWAL KEGIATAN KUNJUNGAN KERJA
KE SDN 4 TUBAN KABUPATEN BADUNG PROPINSI BALI

NO
HARI / TANGGAL
URAIAN KEGIATAN
TUJUAN
KET. KOORDINATOR
1
Jum’at,
18/12/2015
Perjalanan Kunjungan Kerja
Surabaya
Semua Peserta
2
Sabtu,
19/12/2015
Meeting peserta dengan kepsek dan guru SDN 4 Tuban
Silaturahmi, sharing, tanya jawab, dan foto bersama
Ketua K3S & Kepala Sekolah
3
Minggu
20/12/2015
Kunjungan
wisata
Danau Batur dan Kintamani
Pihak Travel dan K3S
4
Senin,
21/04/2015
Kunjungan Kerja  II
Jam 08.00-12.00


Wisata Pantai
SD Negeri 4 Tuban Kabupaten Badung Prop. Bali

Pantai Kuta
Ketua K3S, Kepsek, Guru, Pengawas, dan Ka UPT
5
Selasa,
22/12/2015
Kunjungan Kerja III
Jam 08.00-12.00

Wisata Pantai dan Pusat Oleh-oleh
SD Negeri 4 Tuban Kabupaten Badung Prop. Bali
Tanah Lot, Hawai, Krisna, dan Doger
Ketua K3S, Kepsek, Guru, Pengawas, dan Ka UPT
6
Selasa
22/12/2015
Siang
Perjalanan Menuju Surabaya
Kerajinan Kulit Tanggulangin Sidoarjo Surabaya
Ketua K3S, Kepsek, Guru, Pengawas, dan Ka UPT
7
Selasa,
22/12/2015
Malam
Cek in di Bandara Juanda Surabaya
Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin
Koord. Kegiatan

Sungai tabuk, 30 Desember  2015

PANITIA KEGIATAN

K e t u a,                                                                                Sekretaris,


MARDI SHALEH, S.Pd                                                       MASHOR, S.Pd
NIP.19630909 198503 1 022                                             NIP. 19620501 198804 1 001

Mengetahui
Kepala UPT Pendidikan


FATHURRAHMAN, MPd
NIP. 19701214 199806 1 002


Lampiran       3

URAIAN KEGIATAN KUJUNGAN KERJA PENDIDIKAN
A.   Kegiatan Hari Sabtu, 19  Desember 2015
No
U r a i a n
Kondisi
Implementasi
1.
Melaksanakan kegiatan Kunjungan Kerja dan sharing tentang  pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 4 Tuban Kabupaten Badung Propinsi Bali.
Hasil yang diperoleh adalah:
-     Pengetahuan tentang standar proses , standar isi, standar keuangan, standar pengelolaan dll.  Serta guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan IT.
-     Administrasi kelas yang sangat baik,
-     Sarana dan prasarana yang sangat menunjang
-     Adanya ruang pembelajaran computer, internet, perpustakaan, ruang ibadah untuk guru dan siswa
-     Dorongan peningkatan mutu pendidikan bagi guru sampai ke taraf nasional.
-     Mempunyai Patnershiip dengan sekolah yang lebih baik di daerah Denpasar.
-     Adanya perhatian Dinas Pendidikan setempat yang sangat baik.
-     Adanya dukungan orang tua
-     Peran komite sekolah memberi konstribusi positif bagi sekolah.
Sangat baik
Semua pihak yang terlibat dalam pendidikan dapat berjalan, sehingga mutu pendidikan yang dihasilkan juga membanggakan.
Rekomendasi : Untuk seluruh SD Negeri yang ada di Kecamatan Sungai Tabuk
1.      Peningkatan pengetahuan mutu guru
2.      Diperlukan adanya pembangunan ruang perpustakaan, computer, internet, ibadah dan koperasi sekolah
3.    2  . .Diperlukan Sarana prasarana /alat-alat IT seperti Infokus layar monitor dan computer sebagai sarana pendidikan.
4.   3.   Meningkatkan kerjasama sekolah dengan komite sekolah
5.      Perhatian yang lebih serius Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar  kepada sekolah yang ingin berkembang khususnya SDN yang ada di kecamatan Sungai Tabuk
Dokumentasi Kegiatan
Kepala Sekolah SDN 4 Tuban ( Ibu Ni Made Sarjani,S.Pd) bersama Ketua K3S dan Kepala Sekolah lainya  beserta Ka UPT Pendidikan Kecamatan Sungai Tabuk saat acara Penyerahan bingkisan kenang-kenangan dari K3S untuk kepala Sekolah SDN 4 Tuban Badung Bali

B.      Kegiatan Hari Minggu, 20  Desember 2015
No
U r a i a n
Kondisi
Implementasi
1.
Melaksanakan kegiatan Wisata pantai dan Danau yakni Danau Batur dan Kintamani
Hasil yang diperoleh adalah:
Peserta sangat terkesan dengan pemandangan alam dan sumber daya alam yang masih asli tanpa ada eksplorasi dari tangan manusia yang tak bertanggung jawab
-    

















Sangat baik, pemandangan yang menarik, hawa yang sejuk, dan kehidupan pedesaan yang masih alami dan asri dengan pegunungan yang banyak ditanami tanaman yang bermanfaat yakni buah-buahan









Rekomendasi
Untuk SD Negeri yang ada di kec. Sungai Tabuk
a.       Memberikan pendidikan cinta alam dan pelestarian lingungan hidup, jangan buang sampah sembarangan serta selalu menghargai dan mencintai hasil karya dan hasil kebun yang ditanam oleh para petani dengan cara tidak merusak dan mencuri milik orang lain
Dokumentasi
Ka UPT, Kepala Sekolah dan Guru-guru serta pengawas  saat mengunjungi daerah atau obyek wisata danau Batur dan Kintamani diatas pegunungan dengan hawa yang cukup sejuk

C.      Kegiatan Hari Senin, 21  Desember 2015
No
U r a i a n
Kondisi
Implementasi
1.
Pkunjungan kerja II di SDN 4 Tuban dengan penjelasan oleh kepala sekolah tentang :
PPenerapan nilai-nilai agama yang sangat baik.
-     Pengetahuan tentang proses pembelajaran menggunakan IT.
-     Administrasi kelas yang sangat baik dengan menggunakan IT.
-     Sarana dan prasarana yang sangat menunjang
-     Adanya ruang pembelajaran computer, internet, perpustakaan, ibadah untuk guru dan siswa
-     Dorongan peningkatan mutu pendidikan bagi guru sampai ke nasional, meskipun prestasinya baru tingkat propinsi
-     Mempunyai Patnershiip dengan sekolah Kota Denpasar yang cukup baik.
-     Adanya perhatian Dinas Pendidikan setempat yang sangat baik.
-     Keterlibatan orang tua murid dalam proses pendidikan sangat besar
-     Peran komite sekolah memberi konstribusi positif bagi sekolah.
 Sangat baik, pembelajaran pendidikan agama ,dimungkinkan untuk lebih menghargai dan toleransi pada pemeluk agama lain
Semua pihak yang terlibat dalam pendidikan dapat berjalan. Sehingga mutu pendidikan yang dihasilkan juga membanggakan. Dan lebih diarahkan kepala praktik lapangan dalam hal kegiatan keagamaan

Rekomendasi:
Untuk SD Negeri yang ada di kecamatan sungai tabuk
a.       Diperlukan adanya  perhatian lebih kepada siswa.
b.      mengajak siswa mengunjungi tempat-tempat bersejarah sebagai tambahan pengetahuan baru.

Pe  meningkatan pengetahuan mutu guru
b.      Diperlukan adanya pembangunan ruang perpustakaan, computer, internet, ibadah dan koperasi sekolah
c.       Diperlukan Alat-alat IT seperti Infokus layar monitor dan computer sebagai sarana pendidikan.
d.      Meningkatkan kerjasama sekolah dengan komite sekolah
e.       Perhatian yang lebih serius Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar


c.       Diperlukan media-media/alat peraga gambar peninggalan bersejarah dalam proses pembelajaran dikelas.
d.      Perhatian yang lebih serius Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar


D.     Kegiatan Hari Selasa,  22 Desember 2015

No
U r a i a n
Kondisi
Implementasi
1.
Pkunjungan kerja III di SDN 4 Tuban dengan penjelasan oleh kepala sekolah tentang :
PPenerapan pengelolaan keuangan, sarana  prasarana, serta yang beraitan dengan standar isi dan proses yang ada di SDN 4 Tuban sangat baik.
-     Standar proses pembelajaran dan standar isi sangat baik, dengan menggunakan kurikulum 13 serta dalam proses pembelajaran guru selalu menggunakan IT.
-     Administrasi kelas yang sangat baik dan pengelolaanya dilakukan guru dengan menggunakan IT.
-     Sarana dan prasarana yang sangat menunjang, keuangan yang sangat mendukung baik dari pemerintah pusat, propinsi maupun orang tua siswa yang dikelola oleh komite yang cukup berperan aktif
 baik
Penerapan pendidikan yang dilaksanakan di SDN 4 Tuban Badung Bali
Sangat terstruktur dan memiliki dokumen lengkap. Diharapkan di kecamatan Sungai Tabuk dapat menerapkan apa yang di lihat dan dimiliki sekolah tersebut

Rekomendasi :
Untuk SD Negeri di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten banjar
Perlu sosialisasi tentang peran komite sekolah dalam menunjang kegiatan  pembelajaran yang memerlukan dana besar
a.    Diperlukan pendidikan dan latihan bagi para guru yang masih belum menguasai  IT, dan diadakan pelatihan atau in house training dalam mengejar ketinggalan dalam bentuk workshop ataupun KKG mini
c.       Diperlukan media/alat peraga gambar dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
d.     






KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga kegiatan pelaksanaan program kunjungan kerja  di SD Negeri 4 Tuban Kabupaten Badung Propinsi Bali  dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.
            Program kunjungan kerja K3S bagi pendidik dan Kepala sekolah dasar ke Badung Bali merupakan salah satu program KKKS Kecamatan sungai Tabuk Kabupaten Banjar dalam rangka membekali, memperkaya dan menambah wawasan pendidik dan kepala sekolah dasar selama berada di Denpasar Bali.
            Dengan demikian, pembangunan pendidikan nasional perlu diarahkan pada peningkatan martabat manusia secara holistik, yang memungkinkan ketiga dimensi kemanusiaan paling mendasar dapat berkembang secara optimal. Oleh karena itu, lembaga pendidikan seyogianya menjadi wahana strategis bagi upaya pengembangan segenap potensi individu, termasuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan bagi peserta didik, yang menjadi landasan penting bagi upaya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka menyeimbangkan karakter putra-putri peserta didik di kecamatan Sungai tabuk Kab. banjar dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga cita-cita membangun manusia Indonesia seutuhnya dapat tercapai.
Apabila dalam pelaksanaan kegiatan kunjungan ada hal-hal yang kurang berkenan, kami mohon maaf sebesar-besarnya, dan kami sangat mengharapkan saran dan kritik membangun demi perbaikan di masa yang akan datang.
Atas partisipasi semua pihak yang terkait dalam kegiatan pelaksanaan program kunjungan kerja bagi kepala sekolah, yang tergabung dalam wadah  K3S ini atau peserta dari guru SD yang ada di kecamatan Sungai tabuk,dan para pengawas, serta Ka UPT yang telah membimbing kami dalam perencanaan, pelaksanaan sampai kami menyelesaikan laporan ini, kami ucapkan terima kasih.

                                                                 Sungai Tabuk, 30 Desember 2015
                                                                                   


Penyusun,







                A.    LATAR BELAKANG



Kunjungan kerja  biasa dilakukan untuk maksud peningkatan mutu pendidikan, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan peraturan perundangan, dan lain-lain, kegiatan kunjungan kerja dilakukan oleh K3S Kecamatan Sungai Tabuk bertujuan untuk mengunjungi atau menemui sekolah tertentu yang sudah disiapkan dan berlangsung dalam waktu relatif singkat. Intinya adalah untuk membandingkan kondisi sekolah di tempat lain dengan kondisi sekolah yang ada Kecamatan Sungai tabuk khususnya. Hasilnya  berupa kumpulan data dan informasi sebagai bahan acuan dalam perumusan konsep yang di inginkan.
            Kunjungan kerja merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan pendidikan untuk suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya.
            Dalam kunjungn kerja yang dilaksanakan oleh KKKS Kecamatan Sungai tabuk  hendaknya melihat semua aspek positif yang ada pada tempat tujuan , mulai dari kegiatan PBM, sarpras, pengelolaan, pembiayaan, dan kesiswaan, dll. Pengetahuan – pengetahuan yang di peroleh di lokasi sekolah yang dikunjungi  tentunya di harapkan akan mampu menjadi informasi dan cerminan dalam rangka mewujudkan program-program prioritas yang sudah di canangkan oleh Kelompok Kerja Kepala sekolah ( KKKS ) Kecamatan Sungai Tabuk Kab. Banjar.
Proram  kunjungan kerja kali ini diadakan di  Kota Denpasar Bali , yakni di SD Negeri 4 Tuban Kabupaten Badung Bali, kebetulan lokasinya dekat dengan bandara Ngurah rai Bali. Kami mengunjungi SD Negeri 4 Tuban dan selanjutnya kunjungan hari hari berikutnya wisata ke pantai. Kunjungan kerja di dikuti oleh 32 peserta kepala sekolah dan guru serta 5 pengawas, dan 1 kepala UPT. Demi kelancaran kegiatan tersebut pihak KKKS Sungai Tabuk bekerja sama dengan travel Intan dan selaku penanggung jawab semua fasilitas yang dibutuhkan , mulai dari transfortasi darat, transportasi penyeberangan fery , transportasi udara sampai ke tempat penginapan atau hotel.
A.     MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
.a. MAKSUD KEGIATAN
Kegiatan kunjungan kerja ini dinilai amat penting mengingat konsep dan pelaksanaan kebijakan satuan pendidikan  sekolah dasar di Sungai Tabuk justru masih relatif memerlukan  pemahaman,  oleh karena itu maka masih diperlukan pengetahuan lebih dini terhadap praktik kegiatan pembelajaran (best practise) maupun praktik yang mungkin terjadi penyimpangan atau kekeliruan dalam pelaksanaan  pembelajaran  dilapangan. Hasil kegiatan kunjungan kerja ini di harapkan akan dapat menjadi bahan pemikiran dan sekaligus masukan untuk perbaikan mutu pendidikan khususnya di kecamatan Sungai tabuk  dimasa yang akan datang.
.b TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dasar dari kunjungan kerja ini yaitu belajar pada sekolah lain yang telah maju dalam penerapan pendidikan dan penerapan aturan yang berkaitan dengan kedinasan, sehingga warga sekolah di daerah itupun sejahtera dan maju. Dan untuk kami sendiri sebagai kepala sekolah dan guru-guru agar  menjadi bahan acuan untuk melangkah kemasa depan dengan maksud lebih baik lagi dengan niat merubah mind set kami dan mengembangkan satuan pendidikan di tempat kami dalam melaksanakan arah kemasa dalam  mencerdaskan anak didiknya
D. PELAKSANAAN KEGIATAN
Tepatnya pada hari Sabtu Jam  16 wita Rombongan Kami tiba di SD Negeri 4 Tuban Kabupaten Badung Propinsi Bali, setelah menempuh perjalanan sekitar 12 jam lebih dari Kota Surabaya. Rasa lelah  terobati setelah kami tiba dan di sambut oleh kepala sekolah dan dewan guru  SDN 4 Tuban Bali. Meskipun  sedikit  mengalami keterlambatan, tapi rasa sabar dari Kepala sekolah dan dewan guru  tetap dengan senang menunggu kedatangan kami, mereka sangat maklum dengan keadaan ini karena perjalanan yang cukup jauh dengan lalu lintas yang ramai membuat kemacetan terjadi dimana-mana.
Adalah SD Negeri 4 Tuban Kabupaten Badung Propinsi Bali  tujuan kami untuk melakasanakan kunjungan kerjanya disana. Kami menentukan SDN 4 Tuban karena disamping suasana sekolah dekat dengan Bandara Ngurahrai , sekolah tersebut cukup baik untuk dikunjungi karena banyak memiliki fasilitas dan sarana prasarana yang cukup  memadai, serta pengelolaan  keuangan yang didapatkan cukup baik, karena sumber pendanaanya didukung dari beberapa komponen.
E.WAKTU DAN TEMPAT
Tepat pukul 16.00 kami disambut dan dipersilakan masuk ke ruangan yang memang telah disediakan. Kepala sekolah SDN 4 Tuban langsung menyampaikan sambutan penerimaan dan juga tentang keadaan sekolahnya, disamping informasi yang disampaikan kepala sekolah juga mempersilahkan para peserta untuk bertanya jawab seputar apa yang di sampaikan,antusias dari perserta ternyata luar biasa, ada beberapa kepala sekolah dan juga guru langsung menanyakan seputar keadaan sekolah yang berkaitan dengan 6 standar diatarnya standar pengelolaan , keuangan, sarpras dan lain sebagainya. Jawaban dari kepala sekolah cukup membuat kami bangga, karena pemerintah daerah di Badung Bali benar-benar memperhatikan masalah pendidikan, Bahkan pengurus komite sekolah pun sangat berperan dalam ikut serta membantu dalam mengembangkan bidang pendidikan.


F. PELAKSANAAN EDS
Untuk pelaksanaan EDS, SDN 4 Tuban Badung Bali membentuk Tim Pengembang Sekolah yang terdiri dari unsur Kepala Sekolah, Pengawas, Guru, Komite, dan orang tua siswa. EDS di sekolah ini mulai dilaksanakan pada bulan Pebruari tahun 2011 dengan tahapan yang meliputi rapat koordinasi, implementasi EDS, monitoring pelaksanaan EDS, dan review hasil EDS oleh sekolah untuk selanjutnya dilakukan tindak lanjut dengan mendapat dukungan dari pihak sekolah antara lain pengadaan beberapa jenis sarana.
Bagi SDN 4 Tuban Badung Bali, EDS merupakan proses yang seiring dan sejalan dengan akreditasi sekolah dan sertifikasi ISO karena dalam pelaksanaannya memiliki tahapan yang serupa antara lain dalam hal pendokumentasian, bukti fisik, serta penentuan kategori kondisi sekolah. Dengan demikian EDS sangat menunjang proses peningkatan mutu sekolah karena berfungsi sebagai alat self control dan sebagai alat yang menyediakan data untuk pelaksanaan continoual improvement.
Tim Pengembang Sekolah yang dibentuk di SDN 4 Tuban Badung Bali terdiri dari Penanggung Jawab, Ketua, Sekretaris, Bendahara, Anggota, dan Penanggung jawab Standar Nasional Pendidikan dengan jumlah personil seluruhnya 22 orang. Setelah memperoleh penjelasan tentang EDS melalui tahap sosialisasi, TPS melaksanakan EDS dengan mengidentifikasi kondisi sekolah dibandingkan dengan Indikator Kunci per Standar Nasional Pendidikan untuk kemudian dilaporkan dalam bentuk Laporan EDS kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Badung.
Beberapa hal tentang kondisi sekolah SDN 4 Tuban Badung Bali sebelum, selama, dan sesudah proses EDS dikemukakan sebagai berikut:
a.    sebelum melaksanakan EDS, SDN 4 Tuban Badung Bali  merasakan situasi yang pasif karena para warga sekolah khususnya para guru tidak memiliki inisiatif untuk melakukan kinerja yang lebih baik, selain itu para guru belum memahami SNP sebagai tolok ukur pencapaian mutu sekolah. Kondisi lainnya adalah kurang optimalnya pelaksanaan dokumentasi sehingga menyulitkan untuk diakses saat diperlukan, hal tersebut dipengaruhi pula oleh kerja tim sekolah yang masih lemah. Berkaitan dengan pembelajaran, sebelum EDS ditemukan bahwa metode mengajar masih bersifat konvensional.

b.    Selama melaksanakan EDS terutama pada tahap awal, tim pengembang sekolah SDN 4 Badung Bali  merasakan kebingungan, tidak tahu apa yang harus dilakukan atau didahulukan dan merasa tidak yakin apakah sekolah dapat melaksanakan EDS, selain itu sekolah juga merasa bahwa EDS merupakan beban tambahan pekerjaan dan merasa tidak yakin dengan akan adanya perhatian atau bantuan dana dari pihak Dinas Pendidikan Kabupaten. Namun kemudian dengan komitmen yang dibangun oleh TPS dan sejalan dengan adanya pemahaman bahwa SNP merupakan tolok ukur kualitas sekolah, maka sekolah meyakini bahwa EDS merupakan awal keberhasilan peningkatan mutu sekolah. Dengan demikian, pada tahap berikutnya terjalin kekompakan dan kerja sama yang semakin baik didorong semangat ingin belajar dan ingin ada perubahan menuju perbaikan. Dengan kata lain, bagi sekolah, EDS menjadi suatu KEBUTUHAN.

c.    Sesudah melaksanakan EDS
Beberapa manfaat yang dirasakan setelah SDN 4 Tuban Badung Bali  melaksanakan EDS adalah sebagai berikut;  (1) Program-program sekolah dapat dilaksanakan dengan lancar, fokus dan terarah, (2) Meningkatnya kuantitas program yang dapat diselesaikan, (3) Sekolah semakin mengetahui kelemahan dan keunggulan sekolah sehingga dapat mengambil tindakan perbaikan sesuai dengan kebutuhan , hal tersebut pula yang memudahkan pembuatan RPS  beserta pelaksanaannya. Berdasarkan hal-hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa kinerja sekolah semakin baik.
d.    Kendala
Di tengah keberhasilan pelaksanaan EDS, di SDN 4 Badung Bali terdapat beberapa kendala yaitu antara lain (a) masih ada satuan Pendidikan yang melakukan Evaluasi Diri belum sesuai dengan tujuan EDS hal ini berkaitan dengan kategori yang sudah dimilki yaiotu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, (b) RKS & RKAS yang disusun sebagian  satuan pendidikan belum berbasis EDS, dan (c) Hasil Analisis menunjukan bahwa banyak permasalahan yang terletak pada kompetensi guru.


Berdasarkan penjelasan tentang pelaksanaan EDS di sekolah yang menjadi objek studi banding dan pelaksanaan EDK di  Dinas Pendidikan Kabupaten Badung dapat diungkapkan bahwa pelaksanaan EDS di seluruh sekolah atau semua jenjang merupakan prestasi kerja yang dapat dibanggakan. Beberapa hal yang merupakan keunggulan pada prestasi ini adalah adanya komitmen yang kuat dari seluruh stakeholder. Komitmen ini dibangun karena  kuatnya pemahaman tentang pentingnya peningkatan mutu dan hal ini tidak lepas dari adanya kebijakan Dinas Pendidikan yang “menekan” dan mengkoordinasikan semua stakeholder sehingga sebagian besar satuan pendidikan dapat melaporkan hasil EDS untuk dapat dianalisis dan pada akhirnya TPK dapat menyusun peta pendidikan di Kabupaten. 

 

 

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI



A.   Kesimpulan
Keberhasilan pelaksanaan EDS sangat memerlukan komitmen, kerjasama, dan koordinasi yang tinggi pada semua stake holder (Kepala Sekolah, TPS, Pengawas, TPK, dan Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya) dengan didasaari rasa tanggung jawab terhadap peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan.

B.   Rekomendasi
Mengingat penting dan bermafaatnya kunjungan kerja ini maka kegiatan serupa diharapkan terus berlanjut terlebih lagi untuk pihak dinas pendidikan kabupaten/kota yang memiliki tanggung jawab dalam proses penjaminan mutu pendidikan di tingkat kabupaten/kota. Dan harapan kami bahwa kegiatan kunjungan kerja ini selalu mendapatan dukungan dari Dinas Pendidikan Kab. Banjar, agar program yang telah tersusun  dan terjadwalkan pasti akan terlaksana dengan baik. Dan penyelenggaraan pendidikan di kecamatan Sungai Tabuk khususnya serta Kabupaten banjar umumnya akan maksimal karena mendapatkan pengalaman dan masukan dari daerah lain serta  tingkat pemahaman guru-gurunya akan lebih baik lagi  sesuai dengan harapan kita bersama.

DAFTAR HADIR
KEGIATAN KUNJUNGAN KERJA
KE SDN 4 TUBAN BADUNG PROPINSI BALI

NO
NAMA/NIP
PARAF
KET
TANGGAL
19/12
20/12
21/12
22/12
1
Fathurrahman, MPd
NIP. 197012141998061002
2
H. Akhmad Nurdin, S.Pd
NIP.
3
Rusmawardi, S.Pd, MPd
NIP.
4
Yanto, S.Pd
NIP.
5
Hermansyah, S.Pd
NIP.
6
H. Sulaiman, S.Pd
NIP.
7
Mardi Shaleh, S.Pd
NIP. 19630909 198503 1 022       
8
Sujono Santoso, S.Pd
NIP. 19640629 198503 1 009
9
M. Jaini, S.Pd
NIP.
10
Darmawi, S.Pd
NIP.
11
Mansyah, S.Pd
NIP.
12
H. Suriansyah, S.Pd
NIP.
13
H. Baderi, S.Pd
NIP.
14
Hj. Yuliani, S.Pd
NIP.





15
Rusilawati, S.Pd
NIP.





16
Rabbani, S.Pd
NIP.





17
Nor Ernawati
NIP.





18
Taifansyah, S.Pd
NIP.





19
H. Harmain, S.Pd
NIP.





20
Anita Prihatin, S.Pd
NIP.





21
Lukluk Ratna Handayani, S.Pd
NIP.





22
H. Ikhsan Riyadi, S.Pd
NIP.





23
Sodirin, S.Pd
NIP.





24
M. Nurdiansyah, A.Ma
NIP.





25
Basuni, S.Pd
NIP.





26
Zubaidi, S.PdI
NIP.





27
Halidah, S.Pd
NIP.





28
Hilis Herlina, S.Pd
NIP.





29
Muhammad Ja’far, A.Ma
NIP.





30
Halifah Noor, S.Pd
NIP.





31
Shafiah, S.PdI
NIP.





32
Isnah, S.Pd
NIP.





33
Norliani, S.Pd
NIP.





34
Hj. Qorina, S.Pd
NIP.





35
H. Muhammad Thamrin, S.Pd
NIP.





36
Hj. Maimunah, A.Ma
NIP.





37
Ali Sapwani
NIP.





38
Mahsumah, S.PdI
NIP.







PANITIA KEGIATAN

 K e t u a,                                                                              Sekretaris,


 MARDI SHALEH, S.Pd                                                     MASHOR, S.Pd
 NIP. 19630909 198503 1 022                                           NIP. 19620501 198804 1 001  


Mengetahui
Kepala UPT Pendidikan



FATHURRAHMAN, MPd
NIP. 19701214 199802 1 002
 

LAMPIRAN FOTO KEGIATAN












Silakan anda Download disini

 
 

Tidak ada komentar: